Ilham Borahima Ditunjuk Sebagai PJ Bupati Polman

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Dari enam nama yang disodorkan ke Kementerian Dalam Negeri, Ilham Borahima dipercaya sebagai Penjabat Bupati Polman. 

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulbar (Diskominfoperss) Pemprov Sulbar Mustari Mula. Diketahui Ilham Borahima adalah pejabat eselon II yang saat ini menjabat Kadisdukcapil Pemprov Sulbar.  

Mustari mengatakan penunjukan  Ilham Borahima dipastikan setelah PJ Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh mendapatkan tembusan SK dari Kemendagri, per 8 Januari 2024. Atas keputusan itu Pemprov Sulbar segera menindaklanjuti dengan mengagendakan pelantikan besok 9 Januari 2024. 

“Besok akan diagendakan pelantikan, di graha Sandeq,” kata Mustari, Senin 8 Januari 2024. 

Mustari menjelaskan status penjabat bupati ini adalah penugasan dan terus dievaluasi Kementerian tiga bulan sekali. Selain itu masa jabatan PJ Bupati diatur dalam Permendagri Nomor 4 tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Walikota. 

Dalam permendagri tersebut,  pasal 14 ayat (1), bahwa masa jabatan Pj Bupati dan Pj Walikota 1 (satu)tahun  dan dapat diperpanjang satu (1) tahun dengan orang yang sama atau berbeda . Pada pasal (2) juga dijelaskan, masa jabatan satu (1) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dikecualikan , apabila , pada poin (a), menindaklanjuti evaluasi Menteri berdasarkan kinerja Pj Bupati dan Pj Walikota.(jaf)

  • Bagikan