Sulbar Kini Miliki Gedung Pencucian Sarang Burung Walet

  • Bagikan

PASANGKAYU, RADAR SULBAR –Sulbar kini memiliki Gedung Pencucian Sarang Burung Walet, ditempatkan di Pasangkayu dan diresmikan pada, Rabu 20 Desember 2023.

Kepala DTPHP Sulbar Muhtar menjelaskan, pencucian sarang burung walet berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan bulu yang menempel pada sarang yang berwarna coklat atau kotor.

Kata dia, gedung ini merupakan gedung pencucian sarang burung walet pertama di Kabupaten Pasangkayu dan menjadi satu-satunya yang ada di Sulbar. Diharapkan mampu meningkatkan kapasitas pelaku usaha/kelompok/masyarakat peternak serta meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk hasil ikutan ternak khususnya produk sarang burung walet.

“Selama ini pencucian sarang burung walet belum ada di Pasangkayu, sehingga belum mampu memberikan nilai tambah terhadap produk sarang burung walet yang dijual,” ucapnya.

Sarang Burung Walet merupakan potensi bisnis yang cukup besar dan menjanjikan di Sulbar, khususnya di Kabupaten Pasangkayu. Tercatat ada 1.594 bangunan sarang walet dengan potensi produksi ±9 ton/tahun dengan nilai ekonomis Rp.108 M/tahun. (jaf)

  • Bagikan