Antisipasi Covid-19 Saat Nataru dan Pemilu, Dinkes Tambah Stok Vaksin dan Antigen

  • Bagikan
Satgas Covid-19 Kaltim melaporkan peningkatan kasus positif. Enam wilayah zona merah corona pada Selasa 1 November 2022. --Ilustrasi Foto: jpnn--

MAMUJU, RADAR SULBAR –Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar mempersiapkan vaksin dan antigen untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19 saat perayaan Natal dan Tahun Baru dan Pelaksanaan Pemilu 2024. Ini sebagai tindak lanjut arahan Kemenkes akibat adanya lonjakan kasus di sejumlah daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, dr Asran menyampaikan, kasus terkonfirmasi terjadi di provinsi tetangga, Sulawesi Selatan, sehingga perlu bagi Sulbar melakukan langkah antisipasi. Untuk itu, pihaknya menambah stok vaksin dan swab antigen.

“Stok kita masih ada, tapi kita harus tetap waspada, tidak boleh lengah, sehingga kita sudah ajukan permintaan tambahan vaksin dan swab antigen ke pusat,” ujar dr Asran, Jumat 15 Desember 2023,.

Vaksin dan antigen untuk dipersiapkan ketika ada pemeriksaan atau indikasi yang didapatkan tim di lapangan. Misalnya saat Natal yang diantisipasi adalah lonjakan pengunjung masuk Sulbar sehingga salah alternatifnya ketika perlu dilakukan pemeriksaan secara masif akan dikoordinasikan dengan lintas sektor, baik kepolisian maupun dinas perhubungan dalam memeriksa pintu masuk Sulbar.

Sementara untuk pemilu, sasarannya adalah di TPS. Pihaknya akan terus berkoordinasi tim di setiap kabupaten dan siap memfasilitasi ketika memerlukan pemeriksaan antigen atau vaksinasi. (jaf)

  • Bagikan