PON Aceh-Sumut, Sulbar Siapkan 12 Cabor Unggulan

  • Bagikan
KONI Sulbar saat menggelar rapat persiapan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut di kantor Koni Sulbar beberapa waktu lalu.

MAMUJU, RADAR SULBAR – Komite Olahraga Nasiona Indonesia (KONI) Sulbar telah menetapkan 12 cabang olahraga (cabor) yang akan mengikuti PON XXI Aceh-Sumut pada 8 September 2024 mendatang.

Cabor tersebut meliputi, dayung, atletik, sepak bola, futsal, karate, taekwondo, gate ball, tinju, soff tennis, balap motor, sepeda, dan catur.

Cabor-cabor ini dipilih berdasarkan hasil perolehan babak kualifikasi PON XXI Aceh-Sumut yang digelar beberapa waktu lalu. Dari 21 cabor yang bertanding, hanya 12 cabor yang dinyatakan lolos.

“Alhamdulillah dalam persiapan ini ada 12 cabang olahraga yang siap bertempur di PON Sumatera nanti,” ujar Ketua KONI Sulbar, Andi Ali Baal Masdar usai memimpin rapat persiapan PON, sore tadi.

PON akan diikuti 54 atlet, yakni 22 orang sepak bola, 14 orang futsal, 5 orang balap sepeda, 3 orang soft tennis, 3 orang balap motor, dan masing-masing 1 orang di cabor dayung, atletik, karate, taekwondo, gate ball, tinju, dan catur. Para atlet akan didampingi 35 official atau pelatih.

“Semua (kontingen Sulbar, red) atlet dan official itu 89 orang,” sebutnya.

Ali Baal yakin, atlet-atlet yang akan berlaga dapat memberikan hasil maksimal dan mampu meraih juara. Dia bahkan berharap agar Sulbar bisa menyabet piala di setiap cabor yang dipertandingkan.

Optimisme itu mengemuka lantaran putra-putri daerah yang akan diberangkatkan merupakan para peraih juara di babak kualifikasi PON. Di antaranya atlet dayung, atletik, dan catur.

Apalagi, kata dia, para atlet juga akan menjalani intensifikasi pelatihan di masing-masing cabor. Selain training center atau TC, mereka pun akan melalui try out atau uji coba di luar daerah.

“Kita berharap setelah mereka latihan dan Pra PON selalu juara, mudah-mudahan nanti di PON Aceh bisa merealisasikan (target, red) yang kita harapkan,” pungkas Ali Baal. (adv)

  • Bagikan