Inflasi Sulbar Bulan November 2,21 Persen, Empat Terbaik di Indonesia

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Berdasarkan data terbaru yang dirilis Kementerian Dalam Negeri per 1 Desember 2023. Inflasi Sulbar bulan November di angka 2,21 persen, menunjukkan tren yang positif melihat pada inflasi bulan Oktober di angka 2,92 persen. Sehingga terjadi penurunan 0,71 persen.

PJ Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh berkomitmen terus mendorong agar Satgas Pengendalian Inflasi dan OPD terkait senantiasa bekerjasama serta berkordinasi dengan kabupaten untuk melakukan pengawasan distribusi pangan di Sulbar.

“Ini yang terus kita dorong bagaimana agar inflasi kita ini terkendali, artinya tidak terlalu rendah juga tidak terlalu tinggi,” ucap Zudan usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi di Kementerian Dalam Negeri Senin 4 Desember 2023.

Lanjut Zudan, selain Operasi Pasar dan Gerakan Pangan Murah, Pemprov Sulbar juga telah menjalankan Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) dalam rangka stabilisasi harga beras di Sulbar dengan menyasar seunlah pedagang di pasar tradisional.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulbar Waris Bestari menjelaskan program FDP yakni pemberian subsidi untuk distribusi beras ke sejumlah pedangang. Dia menjelaskan, beras di sejumlah pedagang di Mamuju banyak disuplai dari Polman. Olehnya melalui pemberian subsidi maka harga yang berlaku di Mamuju sama dengan harga di Polman.

“Jadi yang disubsidi ini bukan berasnya tetapi distribusinya,” kata Waris. (jaf)

  • Bagikan