Kesbangpol Sulbar Lakukan Evaluasi Indeks Demokrasi Indonesia, Kesetaraan dan Kebebasan Perlu Menjadi Perhatian

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Indeks Demorkasi Indonesia (IDI) Tahun 2023 74,03 persen. Naik 2,73 persen dengan tahun sebelumnya yang masuk kategori sedang.

Meski begitu beberapa aspek masih perlu menjadi perhatian bersama seperti kesetaraan, kebebasan dan kapasitas lembaga demokrasi. Hal itu disampaikan Staf Ahli Pemprov Sulbar Muhammad Hamzih pada rapat evaluasi pengembangan IDI di Hotel Berkah, Selasa 21 November 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik (Kesbangpol) Sulbar ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan. Olehnya peningkatan IDI perlu menjadi perhatian bersama.

“Ada beberapa menfaatnya diantaranya menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di setiap provinsi, membantu perencanaan pembangunan politik, serta pemda dan masyarakat bisa mengambil langkah-langkah memperbaiki kinerja provinsi dimasa yang datang,” tambahnya.

Hamzih mengajak semua elemen masyarakat agar sama-sama mendukung BPS agar bisa bekerja dengan baik dalam mengumpulkan data-data demi kemajuan daerah.

Sedangakan, Plt Kepala Kesbangpol Sulbar H. Muhammad Yusuf Thahir menyampaikan kegiatan ini bertujuan dapat melihat tingkat perkembangan demokrasi atau menjadi alat pembanding antar daerah dalam memperoleh gambara IDI.

“Ini juga dapat menjadi bagian perencanaan pembangunan politik pada tingkat provinsi dan termasuk sebagai bahan evaluasi bagi pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan demokrasi,” tambahnya.

Dilaksanakan juga diskusi dengan menghadirkan sejumlah pemateri seperti Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulbar Muslim Fattah, Perwakilan Bawaslu, Komisioner KPU Sulbar, dan Kepala BPS Sulbar.

Turut, sejumlah peserta dari kalangan media, LSM, Kepala Kebanpol se Sulbar, dan organisasi perangkat daerah.(jaf)

  • Bagikan