Arsal Aras Lantik Pengurus Perbakin Polman

  • Bagikan

POLEWALI, RADAR SULBAR — Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Polewali Mandar periode 2023-2027 resmi dilantik oleh Ketua Pengprov Perbakin Sulbar, Arsal Aras, Minggu 19 November 2023

Dalam kepengurusan Pengkap Perbakin Polman diketuai Syarif Rahmat Tasman, didampingi Sekretaris Umum Nursahdi Saleh dan Bendahara Rahmat Rusli serta 60 pengurus lainnya.

Ketua Pengprov Perbakin Sulbar, Arsal Aras minta Perbakin Polman aktif melakukan pembinaan atlet. Sehingga kedepan dapat melahirkan atlet nasional. Ia menyampaikan selamat kepada seluruh jajaran pengurus Perbakin Polman dan meminta lebih gesit lagi dalam melakukan pembinaan agar Sulbar dapat melahirkan atlet nasional.

“Kita berharap dari Polman lahir atlet berprestasi tingkat nasional. Karena kita ketahui diseluruh kabupaten di Sulbar, Polman yang intens melakukan pembinaan. Bahkan Polman salah satu Pengkab terbaik di Sulbar,” jelas Arsal Aras.

Ia juga menyampaikan, KONI Polman juga sangat mensupport Cabornya. Sehingga fasilitas yang disiapkan ada dan dengan keseriusan melakukan pembinaan prestasi itu akan mudah didapatkan.

Arsal Aras juga menyampaikan, Polman dan Majene sudah melakukan pelantikan sementara Pengkab Perbakin Mamuju dan Mateng sudah melakukan musyawarah. Tinggal Pasangkayu dan Mamasa yang belum melakukan musyawarah.

Pelantikan pengurus Perbakin Polman ini diselenggarakan di Sekertariat Perbakin Polman di Sport Center Polman selian dihadiri Ketua Perbakin Sulbar Arsal Aras juga, Ketua KONI Polman Sakinah, Dandim 1402 Polman Letkol Czi Sabar Gufta Panjaitan, Wakapolres Polman Kompol Ujang Saputra, perwakilan Pengadilan Negeri Polman, perwakilan Kajari Polman dan sejumlah pengurus Cabor.

Ketua KONI Polman Sakinah menyampaikan selamat kepada seluruh pengurus Perbakin yang baru saja dilantik mengemban amanah kedepan. “Semoga perbakin terus eksis dimasa akan datang apalagi ada Porprov tahun 2026. Kita pertahankan gelar juara umum yang kata orang tidak mudah tetapi kita optimis dengan kerjasama yang baik kita kembali dapat meraih juara,” tandasnya.

Ketua Perbaikan Polman Syarif Rahmat Tasman menyampaikan, pengukuhan yang diselenggarakan pada Minggu 19 November diisi puluhan pengurus yang terdiri dari beberapa komisi. Termasuk komisi senjata angin yang membawahi air softgun karena perkembangan diluar yang semakin banyak cabang baru.

“Untuk event Porprov saja itu terdapat 31 cabang yang dilombakan. Sehingga dibutuhkan semakin banyak personal. Demikian juga dari segi organisasi sehingga kepengurusan saat ini agak gemuk dari sebelumnya,” jelas Syarif Rahmat Tasman.

Lanjutnya, salah satu program Perbakin Polman kedepan yakni pembinaan atlet usia muda (IUT) yang kelasnya mulai dari sekolah dasar. Saat ini Perbakin Polman sudah bekerjasama dengan beberapa SMP dan juga SMA untuk melatih siswanya olahraga menembak.

Kemudian program lainnya yakni pengawasan senjata. Syarif mengatakan, saat ini senjata dapat diperoleh dengan belanja online. Sementara itu mestinya didaftarkan dan itu tugas Perbakin untuk mendaftarkan dan mewadahi. Pihaknya melakukan inventarisasi apa yang ada di masyarakat agar dapat berjalan sesuai aturan.

Dibidang pengawasan Perbakin Polman melibatkan kepolisian dan kehutanan agar penggunaan senjata digunakan sesuai aturan. Perbakin sendiri melakukan pendekatan persuasif dengan memberi pengarahan.

“Senjata angin tidak boleh dibawa kemana-mana seperti seorang koboi. Senajata angin milik masyarakat seharusnya juga didaftarkan meskipun itu non kaliber,” pintanya. (arf/jaf)

  • Bagikan