Hadirkan Layanan BPJS Keliling Online di Desa Benggaulu, Masyarakat Terbantu

  • Bagikan
BPJS Kesehatan Keliling Online merupakan pelayanan tatap muka secara virtual (dengan media aplikasi zoom) kepada peserta JKN untuk mempermudah dan membantu kebutuhan peserta terutama kepada peserta yang tidak bisa mengakses layanan dikarenakan jauh dari kantor BPJS Kesehatan. (ist)

TOPOYO, RADAR SULBAR– BPJS Kesehatan kembali menghadirkan inovasi layanan digital BPJS Kesehatan Keliling Online. Dengan hadirnya layanan BPJS Keliling Online, masyarakat di Desa Benggaulu, Mamuju Tengah bisa terbantu.

Inovasi BPJS Kesehatan Keliling Online merupakan pelayanan tatap muka secara virtual (dengan media aplikasi zoom) kepada peserta JKN untuk mempermudah dan membantu kebutuhan peserta terutama kepada peserta yang tidak bisa mengakses layanan dikarenakan jauh dari kantor BPJS Kesehatan.

“Jadi peserta JKN bisa mengikuti program BPJS Keliling Online untuk memberikan kemudahan mendapatkan layanan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan, sehingga menghemat waktu dan biaya transportasi peserta, peserta bisa mendapatkan informasi secara jelas dan memenuhi kebutuhannya melalui zoom dengan bertemu langsung secara online dengan petugas BPJS Kesehatan,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, St. Umrah Nurdin.

Selanjutnya Umrah juga menambahkan bahwa beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Barat, termasuk di Kabupaten Mamuju Tengah masih ada desa yang belum bisa diakses menggunakan kendaraan roda empat. Jadi melalui inovasi BPJS Kesehatan Keliling Online ini, dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang belum bisa mengakses layanan BPJS Kesehatan keliling secara offline.

“Layanan ini merupakan solusi bagi masyarakat di desa yang belum bisa mengakses layanan BPJS Keliling secara offline ataupun layanan peserta lainnya,” papar Umrah.

Terkait dengan layanan BPJS Kesehatan Keliling Online yang telah dilakukan, menurut Umrah ada beberapa layanan yang bisa dilakukan peserta JKN. Diantaranya adalah layanan administrasi untuk pindah fasilitas kesehatan, pendaftaran dan penambahan anggota keluarga segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ataupun Pekerja Penerima Upah (PPU), layanan permintaan informasi dan pengaduan serta registrasi Aplikasi Mobile JKN.

“Beberapa layanan tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat atau peserta JKN,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Benggaulu, Wayan Sunia mengungkapkan bahwa layanan BPJS Kesehatan Keliling Online sangat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Benggaulu. Menurutnya jarak Desa Benggaulu dari kantor BPJS Kesehatan Mamuju Tengah cukup jauh, sehingga dengan adanya BPJS Kesehatan Keliling Online sangat membantu masyarakatnya.

“Jarak Desa Benggaulu ke kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Mamuju Tengah kurang lebih 60 km, atau kurang lebih 90 menit,” jelasnya.

Karena hal tersebut, Wayan Sunia sangat mendukung upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk memudahkan layanan kepada masyarakat. Dirinya juga setuju apabila layanan BPJS Kesehatan Keliling Online ini dapat dilakukan pada beberapa desa yang aksesnya jauh dan susah dijangkau kendaraan.

“Terima kasih atas layanan yang telah dilakukan BPJS Kesehatan, semoga layanan ini bisa menjangkau desa-desa lain yang juga membutuhkan layanan ini,” ucapnya.

Dari hasil layanan yang telah dilakukan, salah satu peserta dari Desa Benggaulu, Mira menyampaikan bahwa layanan BPJS Kesehatan Keliling Online sangat membantunya dalam pendaftaran sebagai peserta baru. Dirinya mengaku akan mendaftarkan diri sebagai peserta JKN ke kantor BPJS Kesehatan, ternyata ia mengetahui adanya layanan BPJS Kesehatan Keliling Online, jadi dengan segera ia langsung menghadiri layanan BPJS Kesehatan Keliling Online.

“Layanan BPJS Kesehatan secara online ini sangat membantu saya, karena saya tidak perlu ke kantor lagi untuk mendaftarkan diri sebagai peserta JKN,” ungkap Mira.

Mira juga berharap dengan adanya layanan BPJS Kesehatan Keliling Online, dapat segera diketahui banyak masyarakat yang sebenarnya membutuhkan tapi belum mengetahuinya. Karena menurutnya layanan BPJS Kesehatan Keliling Online bisa membantunya mempersingkat waktu dan menghemat biaya perjalanan apabila harus ke kantor BPJS Kesehatan secara langsung.

“Semoga BPJS Kesehatan dapat memperbanyak dan memperluas jangkauan layanan BPJS Kesehatan Keliling Online yang saat ini telah membantu saya,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan