Fokus ke Arah Digitalisasi, Dirjen Bina Keuangan Apresiasi Pemprov Sulbar

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Pemprov Sulbar bersinergi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat menggelar High Level Meeting TP2DD Dan Capacity Building Implementasi Kartu Kredit Pemerintah Daerah Se-sulawesi Barat Tahun 2023, di Grha Sandeq, Kamis 21 September 2023.

Dirjen Dirjen Bina Keuangan Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni mengapresiasi langkah Pemprov Sulbar yang terus mendorong digitalisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Hal ini menjadi tonggak dalam mempercepat realisasi APBD, dengan begitu masyarakat betul-betul merasakan manfaat dari program yang dijalankan pemerintah.

“Kami apresiasi Pemprov Sulbar yang terus mendorong digitalisasi. Ini menjadi tonggak bagi Pemprov Sulbar dalam melakukan percepatan realisasi APBD. Perlu percepatan realisasi agar masyarakat merasakan pembangunan yang dilakukan pemerintah,” ucap Agus Fatoni yang hadir virtual

Agus mengatakan, digitalisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo. Oleh karena itu ia juga mengapresiasi Pemprov menjadi terdepan memberikan komitmen pengimplementasian Kartu Kredit Pemerintah Daerah.

Dirut BPD Sulselbar, Yulis Suandi, pada kesempatan tersebut turut menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap implementasi KKPD dan percepatan Integrasi SIPD-CMS

Selanjutnya, PJ Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh dalam keynote speechnya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Dirjen Bina Keuangan dan berbagai pihak, termasuk kepala daerah enam kabupaten se Sulbar.

Sestama BNPP ini menuturkan, saat ini Pemprov berkomitmen terus mendorong digitalisasi, baik SIPD terintegrasi CMS Bank Sulselbar, Kartu Kredit Pemerintah Daerah, hingga penggunaan QRIS, termasuk pelayanan lain seperti pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Bahkan kedepan, ia berharap setiap OPD dan PPTK, hingga proses pengadaan secara keseluruhan mengimplementasikan digitalisasi dengan begitu dapat terlihat serapan progres kinerja dari setiap program yang dijalankan

“Digitalisasi akan sangat banyak manfaatnya. Pengelolaan keuangan semakin akuntabel. Inilah proses digitalisasi yang trus kita lakukan bersama,” tutup Zudan.

Pada rangkaian pembukaan HLM TP2DD ini juga dilakukan penandatanganan Komitmen Integrasi SIPD dengan CMS Bank RKUD dan Komitmen Percepatan Penyusunan Perkada KKPD oleh seluruh Kepala Daerah di Sulawesi Barat yang disaksikan oleh Pj Gubernur Sulbar. (*)

  • Bagikan