Kenalkan Program Bangga Kencana dan Pencegahan Stunting di Wilayah Terpencil

  • Bagikan
Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar Rezky Murwanto memberikan bingkisan kepada masyarakat di wilayah terpencil.

PASANGKAYU, RADARSULBAR NEWS — Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Barat terus berupaya untuk mengurangi angka Unmet Need atau kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi di Sulawesi Barat.

Salah satunya dengan mengadakan Pelayanan KB dan sosialisasi program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di wilayah terpencil di Desa Pakava, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Selasa, 12 September 2023.

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat, Rezky Murwanto bersama Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Pasangkayu, Suri Fitriah hadir di pelayanan KB kegiatan Bangga Kencana Trabas (Terpencil dan Lintas Batas) yang dilaksanakan di Pustu Pakawa.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Desa Pakava, Kaharuddin, Kodim 1427 Pasangkayu, Bhabinkamtibmas Desa Pakava, Tim Penggerak PKK Desa Pakava, Ikatan Penyuluh KB (IPeKB) Kabupaten Pasangkayu, Tim Pendamping Keluarga (TPK) dan Forum Genre Pasangkayu.

Pelayanan kemudian dilanjutkan di Dusun Waesuba, Desa Pakava untuk bertemu dengan warga Suku Bunggu untuk memperkenalkan program Bangga Kencana dan pencegahan stunting.

Kondisi akses menuju Dusun Waesuba yang berlumpur dan melewati beberapa sungai, membuat warga Suku Bunggu kesulitan untuk memperoleh akses pelayanan kesehatan. Rombongan membawa bantuan bibit tanaman untuk dimanfaatkan oleh warga Suku Bunggu serta bingkisan untuk anak-anak Suku Bunggu.

Menurut Rezky Murwanto, penyerahan bibit tanaman ini sebagai bentuk ketahanan keluarga untuk untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas melalui pemenuhan kebutuhan pangan bagi keluarga.

“Apabila bibit ini dikembangkan lebih maksimal lagi, dusun ini akan menjadi potensi lumbung pangan, ditambah lagi tanah yang subur sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan di Pasangkayu,” Ungkap Rezky.

Sekretaris Desa Pakava, Kaharuddin mengapresiasi kehadiran Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar dan Kepala Dinas P2KBP3A beserta rombongan ke wilayah terpencil yang sulit diakses di Desa Pakava.

“Saya berharap apa yang telah diberikan untuk warga Suku Bunggu di Dusun Wasuba dapat bermanfaat,” ujarnya. (ian)

  • Bagikan