Tampil Memukau, Atlet Karate A Sultan Auliya Alamsyah Dipastikan Wakili Sulbar Menuju PON

  • Bagikan
LOLOS PON. Karateka Polman yang mewakili Sulbar, A Sultan Auliya Alamsyah bersama pelatih karate Sulbar, Armansyah P Kuma saat mengikuti Pra PON di Banjar Baru Kalsel. --ist--

POLEWALI RADAR SULBAR — Atlet karate Sulbar A Sultan Auliya Alamsyah berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh-Sumut 2024 setelah tampil memukau pada ajang Pra PON karate di Banjar Baru Kalimantan Selatan pekan lalu.

Atlet asal Kabupaten Polewali Mandar ini juga merupakan anggota Dir Samapta Polda Sulbar. Dalam kelas kata perorangan, Ia mendapat rangking lima diantara karateka di seluruh provinsi.

Pelatih Karate Sulbar, Armansyah Puang Kuma yang mendampingi para atletnya ke Banjar Baru Kalimantan Selatan, mengaku bersyukur atas kelolosnya salah satu atlet karate Sulbar asal Polman ke PON Aceh-Sumut 2024.

Hal ini menjadi bukti keseriusan FORKI dan KONI provinsi maupun kabupaten dalam melakukan pembinaan terhadap para atlet.

“Kami bersyukur dan bangga karateka Polman bisa mewakili Sulbar untuk mengikuti PON yang akan datang di Aceh dan Sumut tahun 2024 mendatang. Walaupun persiapan para atlet menghadapi Pra PON minim hanya 15 hari,” tegas Armansyah Puang Kuma.

Menurut dia, ada lima atlet karate yang berlaga di Pra PON di Kalimantan Selatan yang semuanya anggota Polri yang lolos melalui jalur prestasi. Kelima atlet karate yang ikut pra PON
yakni A Sultan Auliya Alamsah turun di nomor kata perorangan berhasil meraih rangking 5. Kemudian Gibran Atthariq turun di kumite 55 Kg meraih rangking 6. Selanjutnya Jedi Tande turun di kelas kumite -75 Kg meraih rangking 7, M. Arsal turun di kumite -67 Kg meraih rangking 6 dan Ray Santosa turun di kelas kumite -60 Kg meraih rangking 7.

“Hanya rangking satu hingga lima yang lolos ke PON. Sehingga dalam Pra PON ini hanya satu orang karateka Sulbar yang lolos yakni A Sultan Auliya Alamsya di kelas kata perorangan putra,” tambahnya.

Setelah lolos PON, atletnya akan berlatih maksimal sehingga dalam even PON akan mendapatkan medali.

“Kami berharap Andi Sultan setelah pulang dari Kalsel ini langsung fokus latihan untuk persiapan PON. Kita tidak ingin atlet kita hanya sekedar tampil, tapi harus berprestasi. Kami juga berterima kasih kepada KONI Sulbar dan KONI Polman yang selalu mensupport atlet-atlet karate di daerah ini,” pungkasnya. (mkb/jaf)

  • Bagikan