Dua Sekolah Siaga Kependudukan di Sulbar Kembali Mendapatkan Apresiasi dari Ajang Tingkat Nasional

  • Bagikan
Ketua Tim Kerja Kependudukan, Nasrullah saat mengikuti zoom pengumuman pemenang sekolah siaga kependudukan.

MAMUJU, RADAR SULBAR — Apresiasi Pelaksanaan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Paripurna Terbaik tahun 2023 berskala nasional kembali diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui Direktorat Kerjasama Pendidikan Kependudukan.

Kegiatan ini diikuti oleh Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Paripurna dari seluruh Indonesia.

Melalui ajang Apresiasi SSK Paripurna yang diadakan secara virtual, Selasa 29 Agustus 2023, dua sekolah di wilayah Sulawesi Barat berhasil mendapatkan penghargaan.

Pertama, SMPN 6 Topoyo mendapat predikat SSK Terbaik Kedua Tingkat Regional 3 untuk Kategori SMP/Sederajat. Kedua, SMAN 1 Mamuju berhasil mendapatkan predikat SSK Terbaik Pertama Tingkat Regional 3 sekaligus menjadi Terbaik Ketiga Tingkat Nasional untuk Kategori SMA/Sederajat.

Regional 3 terdiri dari 10 Provinsi yaitu Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Kalimantan Barat, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Program SSK merupakan sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga ke dalam beberapa mata pelajaran atau muatan lokal khusus kependudukan. Disamping itu juga, edukasi diselenggarakan melalui kegiatan kesiswaan dan perpusatakaan.

Raihan prestasi yang diraih berdasarkan penilaian implementasi program SSK secara bertahap yang diintegrasikan dalam beberapa mata pelajaran dan pojok kependudukan sebagai sarana belajar bagi peserta didik. Selain itu program SSK juga telah diimplementasikan dalam berbagai kolaborasi, kreasi, inovasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan bidang kesiswaan sehingga penanaman konsep kependudukan kepada peserta didik dapat berlangsung secara massal dan masif.

Peserta lomba SSK Paripurna pun harus memiliki kebijakan sekolah untuk mewujudkan sekolah berwawasan kependudukan; Koordinasi dan Penguatan SSK; RPP Mata Pelajaran terintegrasi materi kependudukan tahun ajaran 2022-2023; kegiatan kokurikuler yang mengandung materi/konten kepedudukan; ekstrakurikuler yang mengandung materi/konten kepedudukan; Publikasi Program Bangga Kencana, Inovasi dan Kreatifitas pengembangan Pendidikan kependudukan; serta Prestasi atau penghargaan Terkait Bangga Kencana.

Prestasi ini menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi banyak pihak yang terlibat, seperti Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat, OPD KB, dan tentunya pihak Sekolah. Karena hal ini merupakan hasil dari jerih payah dan usaha keras yang telah dilakukan selama ini. Dengan apresiasi yang didapat tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas dalam mengelola Sekolah Siaga Kependudukan sehingga menjadi lebih baik untuk ke depannya. (*)

  • Bagikan