Evaluasi APBD, OPD Diminta Lebih Teliti Jalankan Program, Zudan: Pastikan Berdampak ke Masyarakat

  • Bagikan

MAJENE, RADARSULBAR.CO.ID –Capaian kinerja APBD Sulbar Semester I 2023, untuk realisasi anggaran diangka 38,08 persen, sementara realisasi program 33,33 persen. Perlu akselerasi dan memastikan program yang dijalankan berdampak ke masyarakat.

Begitu ditegaskan PJ Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh pada Rapat Kerja Pimpinan dalam rangka pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan RKPD-APBD 2023 Sulbar, di Aula BPMP Majene, Selasa 4 Juli 2023.

“Berdampak langsung itu apa, dan berdampak tidak langsung berapa dan tidak berdampak sama sekali itu berapa. Jadi bukan sekedar menyerap anggaran, tetapi sejauh mana realisasi atau anggaran yang digunakan berdampak langsung ke masyarakat,”tegas Zudan.

Zudan menekankan, setiap program sebaiknya menyentuh, baik langsung dan tidak langsung, terhadap lima permasalahan daerah saat ini, yakni stunting, anak putus sekolah, perkawinan anak, kemiskinan ekstrim dan inflasi. Namun ketika yang dikerjakan sama sekali tidak berdampak artinya sama halnya sekedar menghabiskan anggaran..

“Jangan-jangan program ini tidak berdampak sama sekali, evaluasi kinerja itu seperti itu,” katanya.

Lanjut Zudan, dari hasil evaluasi nantinya bisa menjadi dasar untuk memaksimalkan realisasi di sisa waktu enam bulan kedepan. Sehingga ia meminta OPD betul-betul melihat dampak dari setiap program.

“Kalau tidak berdampak sampaikan saya tidak berdampak apa apa. Tidak apa apa.,” tutup Zudan. (*)

  • Bagikan