Sempat Bisa Melihat 6 Bulan Pertama Usai Lahir, Ini Penyebab Putri Ariani Jadi Tunanetra

  • Bagikan

RADARSULBAR.CO.ID – Putri Ariani berhasil membuat bangga banyak orang di tanah air berkat kemampuannya menyanyi dengan sangat indah hingga dia berhasil memukau para penonton dan dewan juri saat tampil di America’s Got Talent 2023.

Yang cukup mengejutkan sekaligus menggembirakan, Putri Ariani yang tidak dapat melihat, memiliki kemampuan luar biasa dalam memainkan alat musik piano saat tampil di AGT 2023. Kombinasi menyanyi sekaligus memainkan alat musik secara mandiri menjadi nilai lebih bagi gadis 17 tahun tersebut.

Berbincang dengan Deddy Corbuzier saat menjadi bintang tamu dalam podcast di YouTube, Putri Ariani mengatakan bahwa dia terlahir ke dunia secara prematur dan beberapa organ tubuhnya belum terbentuk secara sempurna.

Menurut Putri Ariani, sebenarnya dia sempat bisa melihat beberapa bulan setelah terlahir ke dunia, berdasarkan informasi dari orang tuanya. Namun, Putri akhirnya tidak dapat melihat secara permanen (tunanetra) akibat terjadi permasalahan pada retina matanya.

“Sebenarnya waktu lahir 6 bulan bisa melihat, harusnya bisa melihat karena matanya normal. Tapi kemudian kena retinopathy of prematurity (ROP),” akunya.

Lahir secara prematur, selama 3 bulan pertama, Putri Ariani berada di inkubator. Permasalahan pada bagian mata, katanya, terjadi diduga akibat kelebihan oksigen.

“Retinopathy of prematurity (ROP) sebenarnya bisa disembuhkan. Sempat dibawa ke Singapura tapi kata dokternya sudah telat. Sudah putus retinanya,” tutur Putri Ariani.

Sekalipun tidak dapat melihat, orang tuanya mengarahkan Putri Ariani ke dunia musik sejak usia dini. Di usia sekitar 2 tahun dia sudah diperkenalkan ke dunia musik. Pada saat usianya menginjak 10 tahun, Putri Ariani mulai diajari bermain piano.

Kemampuannya dalam menyanyi sangat terasa karena Putri menekuninya sejak usia dini. Bahkan saat menjajal peruntungan lewat kompetisi Indonesia’s Got Talent pada 2014 silam, Putri Ariani dinobatkan sebagai pemenangnya. (jpg)

  • Bagikan