Pemprov Sulbar Kerjasama Lanal Mamuju Kelola BBIP Poniang

  • Bagikan

MAJENE, RADARSULBAR.CO.ID –Dinas Kelautan dan Perikanan (DPKP) Sulbar bakal bekerjasama dengan Lanal Mamuju dalam mengelola Balai Benih Ikan Pantai Poniang di Kabupaten Majene.

Karenanya, PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik mengajak Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Mamuju Letkol Laut (P) M. Reza Achwandi bersama sama meninjau kondisi BBIP Poniang, Rabu 10 Mei 2023.

Menurut Akmal Malik, pengelolaan BBIP Poniang sudah ada perubahan dibandingkan saat ia pertama kali mengunjungi BBIP tersebut empat bulan lalu. Katanya susah ada perubahan namun belum signifikan.
Menurutnya dengan anggaran masuk Rp2,3 miliar pertahun tidak sebanding beban belanja yang dihabiskan, dan hanya menghasilkan Rp30 juta per tahun.

Untuk itu, kedepan, melalui kerjasama Lanal Mamuju serta melibatkan pihak ketiga, dapat meningkatkan pendapatan BBIP Poniang.

“Saya sengaja mengajak Danlanal Mamuju untuk melihat potensi pesisir di Majene. Ini kesempatan kembali menata ulang potensi pesisir kita.
Harus ada langkah dari kita untuk membuat tambak kita tumbuh, dan kita butuh mitra. Dan kita menggandeng Danlanal melalui program Kampung Bahari,” kata Akmal Malik.

Menurutnya, salah satu kendala di BBIP Poniang adalah tidak adanya pendampingan bagaimana masyarakat bisa berbudidaya ikan dengan baik.
Hal itu membuat sejumlah tambak jenuh dan mengakibatkan turunnya produktivitas.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Mamuju Letkol Laut (P) M. Reza Achwandi berkomitmen membangun industri di daerah pesisir. Pihaknya terus melakukan pembinaan desa pesisir, sebagai upaya menekan inflasi dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Soal BBIP, Danlanal siap berkolaborasi dalam mendukung program pemerintah.
“Ini (BBIP Poniang Majene) cukup bagus dan tinggal menata. Semoga kedepan kita bisa bekerjasama dan mengembangkan ini,” ungkap Danlanal. (jaf)

  • Bagikan