BI Sulbar Siapkan Rp 602 M, Penukaran Uang di 34 Titik

  • Bagikan
Seorang warga Mamuju sedang menunjukkan uang rupiah baru yang telah ditukarkan di mobil kas keliling, di Lapangan Ahmad Kirang Mamuju, Senin 27 Maret 2023. --Rezki Amaliah/Radar Sulbar--

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulbar menggelar kick off ‘Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi)’.

Kegiatan tersebut yakni program penukaran rupiah di bulan ramadan 1444 Hijriah.

Kepala KPw BI Sulbar, Gunawan Purbowo mengatakan, telah menyiapkan uang baru sebesar Rp 602 miliar untuk penukaran rupiah. Nominal tersebut, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yakni Rp 570 miliar.

“Kami persiapkan ini lebih awal, agar masyarakat tidak menumpuk saat melakukan penukaran,” kata Gunawan di Halaman Kantor BI Sulbar, Senin 27 Maret.

Menurut Gunawan, kondisi yang mulai berjalan normal dapat memicu kenaikan kebutuhan uang dan perputaran uang di masyarakat.

BI Sulbar telah menyiapkan sebanyak 34 titik penukaran rupiah di enam kabupaten.

“Selain mobil kas keliling yang akan melakukan pelayanan, kami juga telah menyiapkan kas titipan untuk kabupaten lainnya,” sebut Gunawan.

Ia mengungkapkan, tidak ada batasan penukaran. Hanya saja pihaknya telah menyiapkan paket penukaran senilai Rp 3,8 juta per paket, yang berisi seluruh nominal rupiah, mulai dari uang seribu hingga Rp 100 ribu. Hal tersebut untuk memudahkan masyarakat melakukan penukaran.

“Biasanya pecahan yang paling diminati masyarakat itu pecahan kecil. Mulai dari seribu sampai Rp 10 ribu,” tandas Gunawan. (rzk/dir)

  • Bagikan