Maksimalkan PAD, TP2DD Sulbar Dorong Transaksi Digital di Pelabuhan Kasiwa Mamuju

  • Bagikan

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID — Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Sulbar meninjau Kantor Pelayanan Terpadu Pelabuhan Perikanan Kasiwa Mamuju, Rabu 1 Maret 2023.

TP2DD ini melihatkan Pemda dalam hal ini
Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sulbar bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia, bekerjasama dalam mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk itu, Analis Keuangan Pusat dan Daerah BPKPD Sulbar Saharuddin menjelaskan tim ini bergerak menyasar seluruh OPD yang mengelola Retribusi daerah, salah satunya di Pelabuhan Kasiwa Mamuju

Ia menyebutkan, Retribusi Tahun 2022 terealisasi Rp 3,4 miliar atau 78,72 persen dari target Rp4,3 miliar. “Kita masih perlu mendorong agar OPd yang memungut retribusi ini lebih maksimal,” ujar Saharuddin, saat ditemui di Pelabuhan Kasiwa Mamuju, Rabu 1 Maret 2023.

Termasuk di Pelabuhan Kasiwa Mamuju, dari data 2022 tercatat Realisasi Retribusi Rp41, hanya terealisasi 34 persen dari target Rp120 juta. Karenanya ia meninjau Pelabuhan Kasiwa guna mencaeinsolusi atas kendala dalam memaksimalkan retribusi.

Hasilnya perlu mendorong agar di Pelayanan Pelabuhan Kasiwa terus berbenah, salah satunya pelaksanaan transaksi, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana.

Lanjut Saharuddin, mengatakan upaya itu dilakukan sebagai komitmen meningkatkan prestasi TP2DD sebelumnya yang berhasil meraih juara II TP2DD Wilayah Kalimantan Sulawesi Maluku Papua (KTI). (jaf)

  • Bagikan