Rampungkan Dokumen RZWP3K, Sulbar Menunggu Persetujuan KKP

  • Bagikan

MAMUJU, RADARSULBAR — Akhirnya Pemprov Sulbar telah merampungkan dokumen materi teknis Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulbar Khaeruddin Anas mengatakan, dokumen final tersebut kini diserahkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mendapatkan persetujuan Menteri KKP. Pentingnya dokumen materi teknis tersebut sebab menjadi bagian dalam mengintegrasikan muatan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Sulbar yang sementara dalam proses revisi.

“Kita berharap dukungan dari berbagai pihak semoga RZWP3K ini dapat selesai dengan baik dan mendapat persetujuan KKP,” ujar Khaeruddin usai Deklarasi Final, Dokumen Finas Materi Teknis RZWP3K Sulbar di Grand Maleo Hotel Mamuju, Kamis 12 Januari 2023.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sulbar Yakub Solon mengatakan, penyusunan materi teknis RZWP3K Sulbar melibatkan banyak pihak, dengan begitu telah memperkaya muatan RZWP3K Sulbar.

Dia juga menjelaskan, penyusunan RZWP3K Sulbar merupakan tindak lanjut atas penyesuaian regulasi terkait pemanfaatan ruang laut di setiap daerah. Demikian Sulbar dengan potensi SDA melimpah sehingga penting memiliki RZWP3K.

Setelah diserahkanya dokumen materi teknis RZWP3K, tinggal menunggu persetujuan KKP agar tahapan integrasi tata ruang dapat dilaksankan.

“Selain Riau, Papua, Kaltim dan Kalteng, Sulbar juga menjadi fokus KPK terkait pelaksanaan penyusunan materi teknis RZWP3K serta menjadi pilot project Stranas PK,” pungkasnya. (jaf)

  • Bagikan