Ini Alasan Mateng jadi Tuan Rumah Porprov Sulbar 2026

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar telah menetapkan Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulbar ke V tahun 2026.

Pemilihan tuan rumah ditetapkan KONI Sulbar setelah disepakati bersama setiap perwakilan cabang olahraga yang hadir dalam Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) di Hotel Meganita, Jumat 23 Desember.

Wakil Ketua I KONI Sulbar, Syahrir Hamdani mengatakan, penetapan Kabupaten Mateng sebagai tuan rumah Porprov Sulbar V, dilakukan karena hanya Mateng yang mencalonkan diri dan menyatakan siap menjadi tuan rumah.

“Kami tidak dalam posisi pilih kasih. Kita berikan kesempatan kepada semua pihak dan sampai hari terakhir Porprov Sulbar IV ini, surat pernyataan yang masuk ke KONI Sulbar hanya Mateng,” kata Syahrir, di Hotel Meganita, Jumat 23 Desember.

Sehingga, kata dia, Musorprovlub dilakukan sebagai mekanisme penetapan tuan rumah berikutnya. Dalam forum itu juga semua peserta dari perwakilan cabor yang hadir juga menyepakati Mateng sebagai tuan rumah.

“KONI se kabupaten, cabor juga sepakat. KONI Mateng juga sudah memaparkan kesiapannya sebagai tuan rumah,” tuturnya.

Ketua KONI Mateng, Andi Irwan menjelaskan, pihaknya sejak awal sudah siap menjadi tuan rumah. Mateng juga sudah mendapatkan rekomendasi KONI Sulbar.

“Insya Allah di tahun 2023 kita sudah berbenah menyiapkan segalanya. Paling tidak kita akan membuat panitia kecil untuk meramu agar pelaksanaan bisa sukses,” ungkapnya.

Rencananya, kata dia, Porprov Sulbar V di Mateng akan mempertandingkan 31 cabor. Lebih banyak dari Porprov sebelumnya.

“Sarana dan prasarana juga akan dibenahi. Utamanya stadion dan kolam renang. Tahun 2024 kita sudah akan mulai siapkan sarana dan prasarananya. Termasuk atlet sendiri,” tandasnya. (ajs)

  • Bagikan