Intensitas Hujan Tinggi, Rumah dan Masjid Terancam Abrasi

  • Bagikan
TERANCAM ABRASI. Dua rumah warga di Desa Aralle Selatan Kecamatan Aralle Mamasa terancam jatuh ke dalam sungai. --Zulfadli/Radar Sulbar--

MAMASA, RADARSULBAR – Intensitas hujan tinggi sejak beberapa pekan terakhir melanda Kabupaten Mamasa. Kondisi ini mempengaruhi debit air sungai tinggi mengakibatkan abrasi. Bahkan dua rumah dan satu masjid terancam longsor di Desa Aralle Selatan Kecamatan Aralle Kabupaten Mamasa.

Selain dua rumah terdapat satu fasilitas umum lainnya seperti masjid Al Furqan terancam longsor abrasi sungai. Abrasi ini terjadi saat hujan deras, Sabtu 5 November 2022.

Kepala Desa Aralle Selatan, Muhammad Takwin mengatakan sejak pagi hingga sore hari hujan deras hingga mengakibatkan longsor dan abrasi sungai.

“Bahkan air sungai Aralle saat itu meluap, sehingga dua rumah dan satu masjid terdampak abrasi,” terang Muhammad Takwin.

Dua rumah yang terancam jatuh ke dalam sungai ini, penghuninya telah mengungsi ke rumah keluarga yang dianggap aman. Ia mengimbau kepada warga agar mengungsi sementara waktu. Kades Aralle Selatan berharap agar pemerintah dapat membantu warga yang rumahnya terancam abrasi. Pemerintah desa akan melaporkan kejadian ini ke dinas terkait.

Kapolres Mamasa, AKBP Harry Andreas membenarkan adanya kejadian tersebut. Kapolres telah memerintahkan Kapolsek Aralle untuk meninjau lokasi yang terdampak akibat terjadinya longsor abrasi.

“Tanah di belakang rumah sudah jatuh, turun ke sungai. Tapi rumahnya tidak jatuh,” singkatnya. (zul/mkb)

  • Bagikan