Awal Musim Hujan: Longsor di Mamasa, Banjir Kepung Mamuju-Majene

  • Bagikan
Kondisi Banjir Simbuang, Mamuju, Kamis 27 Oktober 2022. --IST--

MAMUJU, RADARSULBAR — Banjir dan Longsor terjadi di sejumlah titik di Sulawesi Barat akibat hujan yang mengguyur Kamis dini hari, 27 Oktober 2022.

Hingga pukul 08.00 WITA pagi terlapor tiga kabupaten terdampak, banjir di Majene dan Mamuju dan Longsor di Mamasa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar Amri Ekasakti menyampaikan , pihaknya terus berkoordinasi dengan kabupaten serta menerjunkan personel melakukan pendataan titik titik longsor dan banjir. Termasuk mengecek keamanan akses jalan transulawesi.

“Saat ini masih pendataan, dan memang yang agak banyak terdampak di Mamuju, sementara kita mendata sekaligus melakukan evakuasi,” ujar Amri, Kamis 27 Oktober 2022.

Amri mengatakan, saat ini telah memasuki musim hujan sehingga ia mengimbau agar msyarakat tetap waspada. “Mitigasi harus menjadi perhatian kita bersama,” ujar Amri.

Dia pun menekankan, intensitas hujan yang terjadi di Oktober 2022 ini baru awal musim hujan, dan diperkirakan masih akan terjadi hingga beberapa bulan kedepan. “Ini baru dimulai, musim hujan masih berlangsung kedepan sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya.

Informasi dihimpun, longsor terjadi di kecamatan Aralle Kabupaten Mamasa, banjir di sekitar pasar Banggae Majene, dan sejumlah titik di kabupaten Mamuju. (jaf)

  • Bagikan