RSUD Polman Simulasi Penanganan Kebakaran

  • Bagikan
SIMULASI. Petugas Damkar Polman saat melakukan simulasi pemadaman kobaran api di gedung RSUD Hajjah Andi Depu Polewali. -arif budianto/radarsulbar--

POLEWALI, RADARSULBAR — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hajjah Andi Depu melakukan simulasi penanganan kebakaran di RSUD Hajjah Andi Depu Polman, Rabu 14 September 2022. 

Koordinator Pokja Manajemen Keselamatan dan Fasilitas RSUD Hajjah Andi Depu, Edi Dwi Iswanto menjelaskan, skenarionya adalah penyelamatan pasien yang berada dalam rumah sakit saat peristiwa kebakaran terjadi. 

Selain simulasi penanganan kebakaran, pihaknya juga merencanakan untuk simulasi untuk penanganan bencana gempa bumi. 

“Hari ini simulasi penanganan kebakaran melibatkan seluruh staf rumah sakit. Tujuannya agar semua staf, apabila ada kebakaran petugas dapat melakukan tindakan emergency awal,” terang Edi Dwi Iswanto. 

Pada simulasi itu, petugas RSUD juga dilatih mempergunakan alat pemadam ringan (Apar).  Ia menyampaikan apabila terjadi kebakaran RS sudah siap. Karena setiap ruangan sudah ada apar dan jalur evakuasi sudah ada beserta petunjuk sampai titik kumpul.

Kepala UPTD Damkar Satpol PP Polman, Imran menyampaikan simulasi ini untuk memberikan pemahaman kepada petugas RSUD apabila terjadi kebakaran mereka bisa mengantisipasinya.

“Kronologinya, RSUD menelpon karena ada peristiwa kebakaran. Kami dari pemadam langsung terjun bersama enam personil dan satu armada Damkar yang diterjunkan,” ujar Imran. (arf/mkb/jaf)

  • Bagikan