HKG PKK ke 50, Momentum Tingkatkan Peran dan Fungsi PKK sebagai Organisasi Sosial Masyarakat

  • Bagikan
Ketua TP-PKK Sulbar dr. Yulia Zubir Akmal didampingi Kepala Inspektorat Sulbar Muhammad Natsir menari bersama kader TP-PKK se Sulbar.

MAMUJU, RADARSULBAR – Tim Penggerak PKK Sulbar memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 50 tahun dan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Tribun Merah Putih, Senin 12 September 2022.

Kegiatan ini dihadiri Pengurus TP-PKK Sulbar, pimpinan OPD Lingkup Sulbar, Instansi Vertikal, organisasi perempuan dan pengurus TP-PKK Kabupaten se-Sulbar dengan tema, “Lima puluh tahun gerakan PKK, berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama”. Hadir pula, 30 orang anak-anak TK Malaqbiq.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Sulbar Yulia Zubir Akmal mengatakan, HKG PKK ke 50 merupakan momentum untuk meningkatkan peran dan fungsi PKK sebagai organisasi gerakan sosial masyarakat yang mempunyai potensi dalam melaksanakan program pembangunan. Dan memiliki program terstruktur dari pusat hingga daerah serta didukung kader yang andal.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan kualitas anggota PKK sebagai lembaga kemasyarakatan dan mitra pemerintah, maka PKK harus bersinergi dengan yang lainnya secara optimal melakukan percepatan pencapaian visi dan misi 10 program pokok PKK.

“Melalui peringatan HKG PKK ke 50 tahun ini, kita harus terus meningkatkan semangat pembaharuan. Serta mengembangkan daya kreasi dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat,” ujar Yulia.

Saat ini, lanjut Yulia, PKK juga memperingati BBGRM ke 19 tahun. Peringatan ini dilatar belakangi oleh nilai-nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang dimasyarakat yang wajib dikembangkan dan dilestarikan untuk memperkuat integritas sosial masyarakat serta memperkokoh NKRI.

“Saya berharap seluruh anggota PKK yang hadir agar bersungguh-sungguh mengikuti dan berpartisipasi dalam acara ini. Kita juga berharap peran serta pemerintah baik ditingkat kecamatan dan desa agar terus mendukung program PKK,” ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu, gelaran defile kontingen dari TP-PKK enam kabupaten se-Sulbar dan TP-PKK Provinsi Sulbar. Menari bersama kader TP-PKK se Sulbar, pameran produk makanan lokal binaan TP-PKK, demo masak dan mendongeng. 

Selain itu, simulasi Pembinaan Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI), duta UP2K PKK, menghias tumpeng pangan lokal, dan Tik Tok pantun ayo ke Posyandu.

Peringatan HKG PKK juga melaksanakan kegiatan talkshow stunting, menghadirkan Dokter Spesialis Penyakit Anak, dr. Muliani Kadir dan Spesialis Ilmu Gizi Kronis dr. Karmila dengan materi tentang penanganan balita stunting di Sulbar. (ian)

  • Bagikan