Twitter Spaces Alami Perubahan Drastis, Kini Miliki Fitur Podcast

  • Bagikan
ILUSTRASI. Twitter kini punya fitur podcast.--dok Gadgetonus--

RADARSULBAR – Twitter secara resmi masuk dan mengikuti tren podcast. Jejaring sosial berlogo burung biru itu telah mengumumkan bahwa mereka mengintegrasikan podcast ke dalam platformnya sebagai bagian dari tab Spaces yang baru dirancang.

Tab Spaces yang berubah total saat ini memiliki fitur podcast dan akan terlihat oleh sekelompok pemirsa global berbahasa Inggris di iOS dan Android. Desain ulang memperkenalkan hub yang dipersonalisasi untuk pengguna yang disebut “Stasiun” yang mengelompokkan konten bersama berdasarkan topik yang berbeda, seperti berita, musik, olahraga, dan lainnya.

Rekomendasi yang Anda lihat akan didasarkan pada tema dan orang yang Anda ikuti. Pengguna Twitter sekarang dapat mengakses pilihan yang dipersonalisasi dari Spaces langsung dan rekaman.

Hub juga akan menampilkan podcast paling populer dari seluruh dunia. Setelah menemukan podcast, Anda dapat memberikan jempol ke atas atau ke bawah pada podcast untuk memberi tahu Twitter apakah konten tersebut menarik bagi Anda.

Setelah Anda membuka Tab Space, Anda akan melihat tiga bagian. Bagian atas tab akan menampilkan Stasiun, yang menggulir secara horizontal dan menampilkan berbagai tema dan Topik untuk didengarkan.

Di bawahnya, Anda akan melihat sorotan Spaces, yang mencantumkan beberapa konten audio terkurasi teratas. Terakhir, Anda akan melihat daftar Spaces yang akan datang.

Pengumuman ini sebagai diketahui memang tidak terlalu mengejutkan, mengingat jejaring sosial telah terlihat menguji tambahan podcast selama beberapa bulan terakhir. Namun, tes awal menunjukkan bahwa Twitter sedang mengerjakan tab podcast khusus.

Peluncuran ini menunjukkan bahwa Twitter malah tertarik untuk menjadikan podcast sebagai bagian dari Spaces, alih-alih memberi mereka rumah sendiri di platform. TechCrunch sebelumnya juga melaporkan bahwa Twitter sedang mengembangkan stasiun audio dan intisari audio yang dipersonalisasi.

“Mengintegrasikan podcast ke Spaces, tempat percakapan audio terjadi di Twitter, adalah cara lain kami terus berinvestasi dalam pembuat audio,” kata Twitter dalam sebuah kiriman di blog.

“Untuk melakukan ini dengan cara yang sederhana dan intuitif yang memungkinkan pendengar cukup menekan tombol play and go, kami memulai dengan pengalaman audio yang didesain ulang di Tab Spaces,” lanjut pihak Twitter.

Twitter mengatakan, penelitian internalnya menunjukkan bahwa 45 persen orang yang menggunakan Twitter di Amerika Serikat (AS) juga mendengarkan podcast setiap bulan. Jadi, sekarang perusahaan akan secara otomatis menyarankan podcast untuk membantu pengguna menemukan konten berdasarkan topik yang mereka minati.

Ketika ditanya apakah Twitter memiliki timeline pada peluncuran yang lebih luas atau peluncuran podcast desktop, juru bicara jejaring sosial mengatakan kepada TechCrunch bahwa perusahaan masih akan mengumpulkan feedback pada tes awal dan membangun fitur dalam waktu dekat.

Twitter mengatakan, penambahan podcast adalah bagian dari rencananya untuk memberi pengguna “tujuan audio yang dipersonalisasi all-in-one” dengan memberi pengguna lebih banyak konten audio untuk didengarkan.

Masuknya Twitter ke dunia podcast datang ketika Facebook Meta baru-baru ini menutup layanan podcastnya hampir setahun setelah diluncurkan. Perusahaan juga menghentikan fitur Soundbites audio bentuk pendek dan hub Audio-nya.

Perubahan itu terjadi karena Meta dikatakan memprioritaskan proyek video pendek di atas inisiatif lain, kemungkinan karena meningkatnya persaingan dari aplikasi video pendek populer TikTok. (jpg)

  • Bagikan