Suplai Dana KUR, Kelola Homestay di Pulau Karampuang

  • Bagikan

MAMUJU, RADARSULBAR–Pemerintah bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) bakal menginvtervensi pembangunan Homestay di Wisata Pulau Karampuang menggunakan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Hal itu dilakukan guna mempersiapkan Sulbar sebagai bagian dari provinsi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Asisten Administrasi Umum Pemprov Sulbar, Jamil Barambangi berharap dengan adanya bantuan itu menjadikan objek wisata pulau Karampuang mejadi percontohan pengelolaan wisata di Sulbar.

“Karampuang harus menjadi pusat percontohan wisata di Sulawesi Barat,”ujar Jamil pada pemberian KUR Pembangunan Homestay Pulau Karampuang, di Kantor Gubernur Sulbar, Senin, 8 Agustus 2022.

Regional CEO BRI Makassar,Rahman Arif menyebutkan, dana bantuan homestay Rp925 miliar merupakan dana secara keseluruhan masuk ke Sulbar. Ia berharap dana yang disalurkan digunakan untuk rumah yang layak dijadikan homestay.

“Dengan inovasi di Karampuang, strategi akselerasi di Karampuang sangat memberi manfaat kepada masyarakat di Karampuang untuk memberikan kesejahteraan, karena mereka sendiri yang akan mengelola. Pemerintah setidaknya memberikan support, edukasi dan pelatihan” tutupnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Farid Wadji mengatakan, siap membantu melakukan pendampingan kepada pengelola wisata. Salah satunya dengan membuat paket tour guna meningkatkan minat produk makanan yang disajikan di homestay yang akan dikelola.

“Dari sisi kesiapan SDM pengelolaan kita yang akan menyiapkan dengan kabupaten, pengelolaannya harus kolaborasi antara provinsi, kabupaten, dan pihak swasta termasuk pihak perbankan” ujar Farid.

Selain itu, dalam pembangunan Homestay tersebut harus ditata dengan baik sesuai standar, terutama keamanan dan kenyamanan yang sangat dibutuhkan, termasuk membenahi perahu-perahu penyeberangan. (jaf)

  • Bagikan