Perkuat Ketahanan Pangan Sulbar, Pemprov Buka Lahan Perkebunan

  • Bagikan
PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama sejumlah OPD melakukan peninjauan lokasi lahan perkebunan, di Mamuju, Rabu 27 Juli 2022--imran jafar/radarsulbar--

MAMUJU, RADARSULBAR–Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik berserta sejumlah pimpinan OPD melakukan peninjauan lokasi yang akan dibuka menjadi lahan perkebunan. Lokasi yang ditinjau dibelakang Kantor PPLP Sulbar, dan di Kelurahan Sese Kabupaten Mamuju, Rabu 27 Juli 2022.

Lahan tersebut merupakan area pembangunan dikonversi menjadi lahan perkebunan. Tujuannya memperkuat ketahanan pangan daerah. Selain dua lahan yang ditinjau, masih terdapat lokasi lainnya menjadi sasaran untuk pembukaan lahan perkebunan. Total keseluruhan mencapai 13 hektar.

Rencananya pemprov akan mengajak kelompok tani mengelola lahan tersebut untuk berkebun. Proses penanaman akan dilakukan serentak pada Agustus 2022 dengan tagline program pencanaganan ‘Menuju Sulbar Merdeka Pangan’.

“Ini baru rencana kita ingin fokus pada lahan yang belum dimanfaatkan. Biar lahannya kecil tapi memberi kemanfaatan bagi masyarakat,” ujar Akmal.

Untuk mewujudkan itu, Akmal mengajak seluruh OPD bekerjasama.

“Kuncinya adalah kolaborasi. Ini sebagai project percotohan bagaimana membangun kolaborasi, bergerak bersama melakukan pengelolaan lahan guna mendorong kemandirian pangan di Sulbar,” ujar Akmal.

Kepala Dinas Tananam Pangan, Holtikultura, dan Peternakan (DTPHP) Sulbar Muchtar mengatakan, lahan yang dipersiapkan sebagai percontohan bagi masyarakat, tindaklanjutnya pemprov mendorong agar petani juga memanfaatkan lahan, dan pihaknya siap mendukung pengelolaan lahan perkebunan tersebut.

“Nanti kita juga mendorong petani menggarap di lahan mereka masing masing,” pungkasnya. (jaf)

  • Bagikan