Pemkab Majene Resmikan Unit Siaga SAR

  • Bagikan
SAMBUTAN. Wakil Bupati Majene Arismunandar memberikan sambutan saat meresmikan unit Siaga SAR, Selasa 19 Juli 2022.--mabrur/radarsulbar–

MAJENE, RADARSULBAR –Wakil Bupati Majene Arismunandar meresmikan Unit Siaga Search And Rescue (SAR) Majene Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju. 

Peresmian dirangkaikan dengan Simulasi Collapsed Structure Search and Rescue (CSSR) dilaksanakan di Stadion Prasamya Mandar Majene, Selasa 19 Juli 2022. 

Wakil Bupati Majene, Arismunandar mengatakan,  dengan diresmikannya Unit Siaga SAR Majene, maka ke depan Pemkab Majene akan senantiasa berkoordinasi dengan Unit Siaga SAR Majene dalam penanganan masalah atau bencana yang terjadi di Kabupaten Majene. Tetapi tetap mengedepankan koordinasi dengan Basarnas Mamuju.

Arismunandar menambahkan Unit Siaga SAR Majene akan bergabung dengan PSC 119 Majene untuk berkantor.

Wakil Bupati Majene ini berharap, dengan hadirnya Unit Siaga SAR Majene nantinya sesuai prosedur dapat melayani dengan cepat, tanggap dan dapat memperluas lagi jangkauan penanganan masalah penanganan bencana.

“Mudah-mudahan dengan adanya Unit Siaga SAR Majene ini juga dapat meminimalisir korban atau kerugian materi ketika terjadi bencana karena sudah ada tambahan personel, peralatan, sarana dan prasarana sehingga memudahkan Pemda melakukan evakuasi-evakuasi. Jadi kami sangat terbantu dengan adanya Unit Siaga SAR Majene ini,” jelas Arismunandar.

Kepala Kantor Basarnas Mamuju, Muh Arif Anwar mengatakan adapun personel yang disiagakan di Unit Siaga SAR Majene sebanyak 5 orang.

Kata Muh Arif, adapun tambahan alat yang disiapkan adalah, satu unit Right Inflatable Boat (RIB) panjang 10 meter, satu unit LCR, satu unit mobil kompatibel double cabin dan dua set rantang selang.

“Itu semua disiapkan untuk mendukung dan menjawab permintaan SAR di Majene,” kata Arif.

Menurutnya, ketika nanti diminta untuk tambahan personel dan alat, Unit Siaga SAR Majene akan senantiasa berkoordinasi dengan SAR Mamuju dan akan selalu siap membantu.

“Tentu kami juga berharap, PSC Majene, BPBD, serta TNI-Polri senantiasa berkolaborasi. Kami Basarnas Mamuju siap membantu ketika diminta karena dengan adanya Unit Siaga SAR Majene untuk menjawab respon time,” tukas Arif. (r2/mkb/jaf)

  • Bagikan