BLT Tahap II Segera Disalurkan

  • Bagikan
MENYERAHKAN. Pemerintah Desa Kalepu, menyerahkan dana BLT yang bersumber dari dana desa kepada warganya, di Kantor Desa Kalepu, beberapa waktu lalu.--rezki amaliah/radarsulbar--

MAMUJU, RADARSULBAR – Tahun 2022 desa kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) selama 12 bulan.

Kepala Bidang Bina Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Mamuju Nasir mengatakan, pencairan tahap I periode Januari sampai Maret sudah selesai. Saat ini, desa sedang menyelesaikan penyaluran BLT tahap II periode April sampai Juni.

“Beberapa desa sudah rampung, sekira 50 persen desa sudah menyelesaikan tahap II,” kata Nasir, Selasa 14 Juni 2022.

Nasir mengungkapkan, salah satu penyebab desa belum menyalurkan BLT tahap II, lantaran belum menyerahkan laporan realisasi penyaluran di tahap I. Ia berharap desa yang belum menyalurkan BLT bisa segera melakukan penyaluran.

“Besarannya tetap sama Rp 300 ribu per bulan per kepala keluarga yang masuk dalam data penerima,” jelas Nasir.

Kepala Desa Kalepu Kecamatan Tommo, Indo Upe menyampaikan, untuk Desa Kalepu penyaluran BLT untuk Januari sampai Mei sudah rampung. Penyaluran tahap II sudah dilakukan sebelum lebaran idul fitri, hanya saja untuk Juni belum bisa disalurkan.

“Dalam juknis memang seperti itu aturannya, tidak boleh disalurkan jika belum sampai waktunya, karena kami salurkan di awal Mei maka yang Juni belum bisa disalurkan,” jelas Upe.

Ia mengaku akan menyalurkan sisa BLT tahap dua pekan depan. Ia berharap BLT yang diterima masyarakat bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Insya Allah pekan depan kami salurkan untuk yang bulan Juni ini,” pungkas Upe. (rzk/jsm)

  • Bagikan