BNPB Pastikan Situasi Pasca Gempa 5,8 SR Mamuju Aman, Harap Pengungsi Kembali ke Rumah

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR– Situasi pasca gempa 5,8 SR Mamuju sudah terkendali sehingga diharapkan pengungsi dapat kembali ke rumah.

Begitu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi percepatan penanganan gempa bumi 5,8 SR Mamuju, Kamis 9 Juni 2022.

“Kami ingin menegaskan, sebelum kesini kami mencari informasi yang valid. Di dunia ini tidak satupun ilmu mendeteksi kapan terjadinya gempa. Tetapi dengan perkembangan semakin canggih, BMKG sudah memasang alat di sejumlah sesar. Begitu kejadian kemarin (Gempa 5,8 SR) itu kemudian timbul lagi gempa susulan empat kali, tetapi semuanya menurun, sehingga kami pastikan situasi sudah terkendali. Mohon masyarakat tidak panik, segera kembali ke rumahnya masing masing,” ujar Suharyanto.

Kunjungan BNPB, sekaligus menyerahkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) dan bantuan logistik serta peralatan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Suharyanto berharap bantuan yang diserahkan betul-betul digunakan untuk kepentingan tanggap darurat yang dijalankan selama beberapa hari kedepan. Melalui tanggap darurat dilakukan pendataan. (jaf)

  • Bagikan