Hampir Setara Flagship, Samsung Galaxy A73 5G Dibekali Kamera 108 MP, Simak Ulasannya

  • Bagikan
Inilah tampilan smartphone Samsung Galaxy A73 5G. --dok reva/samsung mamuju--

Layar ponsel penerus Galaxy A72 ini juga sudah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 sehingga lebih tahan terhadap goresan. Namun, karena tidak dilengkapi dengan antigores bawaan, baiknya pengguna tetap membeli aksesori ini untuk tetap melindungi layarnya agar tidak rusak atau kotor.

Meski sudah dilapisi perlindungan Corning Gorilla Glass 5, hal ini bukan jaminan bahwa layar perangkat ini tidak akan bisa tergores atau rusak. Pun demikian dengan aksesori pelindung casing bagian belakang.

Performa Gegas

Soal performa, Galaxy A73 5G boleh dibilang merupakan yang terbaik saat ini di jajaran Galaxy A Series. Hal ini bisa dicapai berkat dukungan chipset Snapdragon 778G dan RAM 8 GB dan padanan penyimpanan internal mencapai 256 GB.

Performanya gegas. Berbagai macam urusan pengguna di smartphone bisa dijalankan dengan sangat baik, lancar, dan bisa diandalkan. Kami juga buktikan dengan melakukan pengujian benchmark menggunakan aplikasi benchmark sintetis.

Dua aplikasi yang kami pakai, AnTuTu Benchmark v9.3.4 dan PC Mark Work 3.0 Performance. Pada pengujian aplikasi benchmark AnTuTu berhasil mencetak skor sebesar 525064. Kemudian, saat dibenchmark menggunakan PC Mark, skornya juga tergolong besar. Angka yang dicatatkan adalah 12301.

Dengan skor pengujian benchmark tersebut, Galaxy A73 5G lumayan di atas rata-rata kalau disandingkan dengan perangkat di kelas yang sama, atau lebih unggul dibandingkan dengan lineup di seri-nya.

Main game berat? Bisa. Main game ringan, apalagi. Sangat mudah. Saat dijajal main game Genshin Impact misalnya, smartphone ini bisa memakai settingan tertinggi 30 atau 60 FPS meski kalau dipaksakan ada beberapa gejala framedrop.

Setidaknya capaian tersebut bisa membuktikan bahwa perangkat ini mampu diajak main game berat. Beda lagu kalau diajak bermain game seperti Apex Legends di Extreme HD atau LoL Wild Rift, Mobile Legends dan Call of Duty: Mobile, sepele, kesemua judul game mobile di atas bisa dimainkan tanpa kendala berarti di Galaxy A73 5G ini.

Sebagai pelengkap performa, Galaxy A73 5G juga sudah dibekali dengan baterai berukuran 5.000 mAh yang tergolong besar. Di rentang harganya yang mendekati flagship, smartphone ini juga sudah dilengkapi fitur lumayan beragam seperti NFC, fingerprint scanner under display dan ketahanan air dan debu.

Fitur safety juga lengkap. Untuk melindungi perangkat dan menjaga privasi, fitur kunci hadir lengkap di Galaxy A73 5G ini mulai dari pola, pin, sidik jari under display dan face unlock bisa dipakai pengguna untuk mengamankan ponsel mereka, tinggal pilih saja.

Kamera Kelas Atas

Salah satu yang diunggulkan seri ini adalah kameranya yang setara flagship kelas atas. Soal spesifikasi, kamera utama Samsung A73 5G ini naik kelas karena sudah dibekali lensa beresolusi 108 MP. Sebelumnya, Galaxy A72 hanya dibekali kamera utama 64 MP saja.

Yang membuat kamera ini istimewa adalah karena ini pertama kalinya Samsung menyematkan kamera utama 108 MP pada seri Galaxy A. Sebelumnya kamera resolusi tinggi itu ekslusif tersedia pada ponsel flagship Samsung, seperti Galaxy S22 Ultra 5G, misalnya.

  • Bagikan