Hampir Setara Flagship, Samsung Galaxy A73 5G Dibekali Kamera 108 MP, Simak Ulasannya

  • Bagikan
Inilah tampilan smartphone Samsung Galaxy A73 5G. --dok reva/samsung mamuju--

SAMSUNG meluncurkan seri Galaxy A73 5G terbaru di Indonesia pada tengah April lalu. Seri ini merupakan kasta tertinggi dari Galaxy A Series di Indonesia sampai saat ini.

Salah satu nilai jual utama yang dibawa ponsel penerus Galaxy A72 ini adalah kamera utamanya yang beresolusi 108 MP, dan digadang-gadang bisa setara dengan kamera DSLR profesional. Dengan ukuran kamera sedemikian, ini adalah pertama kalinya kamera 108 MP hadir di ponsel Samsung kelas menengah lewat lini Galaxy A.

Biasanya, Samsung menyematkan kamera dengan resolusi sebesar itu hanya di seri flagship. Simak ulasannya.

Desain Familiar

Desain smartphone ini familiar dengan line-up terkini A Series Samsung, juga beberapa seri flagship lainnya. Dari segi tampang, Samsung Galaxy A73 5G terlihat masih mewarisi pendahulunya.

Pada area layar misalnya, smartphone ini masih dibekali layar berdesain infinity-O dengan sebuah lubang (punch hole) sebagai rumah bagi kamera depan 32 MP (f/2.2). Pada bagian belakang, Samsung A73 5G ini juga masih mirip seperti Galaxy A72, ada modul kamera berbentuk persegi panjang.

Modul kamera yang menampung empat kamera belakang disusun secara vertikal dan dilengkapi dengan sebuah lampu LED flash ini masih mirip dengan A Series dan S Series sebelumnya. Pada area tepian, Samsung Galaxy A73 5G hadir dengan bezel sewarna badan ponsel yang punya pilihan warna putih, abu-abu, dan mint. Di sisi kanan, ada tombol power dan volume ‘Up-Down’. Sisi kiri polos, sementara di atas ada slot SIM Card dan MicroSD (hybrid slot).

Di bagian bawah, ada deretan lubang dan port. Dan, kali ini Samsung resmi menghilangkan colokan audio jack 3,5 mm dari Galaxy A73 5G. Karena sudah dihilangkan, pengguna tidak bisa lagi menyambungkan earphone atau headset kabel ke ponsel ini.

Sebagai alternatif, pengguna bisa membeli adapter USB type C ke audio jack 3,5 mm untuk tetap bisa menikmati konten audio menggunakan earphone atau headset kabel. Pilihan lainnya, pengguna dapat beralih menggunakan headset wireless atau speaker Bluetooth.

Layar Konsisten

Layar Samsung Galaxy A73 5G punya ukuran seluas 6,7 inci. Layar tersebut menggunakan panel berjenis Super AMOLED dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel) serta tingkat kecerahan maksimum (brightness) 800 nits.

Performa Super AMOLED secara konsisten mampu memanjakan mata pengguna dengan kualitas gambar atau konten yang tajam dan jernih dalam berbagai situasi penggunaan. Layar Samsung Galaxy A73 5G juga sudah mendukung fitur biometrik yakni pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner). Fitur ini akan semakin memudahkan pengguna ketika membuka kunci layar.

Kemudian Samsung Galaxy A73 5G memiliki refresh rate 120 Hz sehingga ketika menggeser layar, menavigasi menu, berpindah antar-aplikasi terasa mulus dan lancar. Begitu juga saat menonton video atau film.

  • Bagikan