Longsor Timbun Jalan Poros Todang Todang

  • Bagikan

POLEWALI – Hujan yang menguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Polewali Mandar dalam beberapa hari terakhir ini mengakibatkan terjadi longsor di Jalan Poros Todang Todang Kecamatan Limboro Kabupaten Polewali Mandar, Senin 7 Februari 2022.

Selain material longsor berupa batu dan tanah menutup Jalan Poros Todang Todang Pendulungang. Juga terjadi genangan air di Desa Palece dan Lembang Lembang Kecamatan Limboro.

Camat Limboro, Haidir Jamal membenarkan adanya material longsor menutupi Jalan Poros Todang Todang. Selain itu genangan air sempat memasuki sejumlah fasilitas umum seperti puskesmas dan sekolah di Palece dan Lembang Lembang.

“Hujan deras menguyur wilayah Limboro, Minggu malam menyebabkan terjadinya longsor di Jalan Poros Todang Todang. Kami berharap kepala desa berkoordinasi membersihkan material longsor, apalagi ada alat berat yang sementara berada di lokasi,” ujar Haidir Jamal.

Ia mengatakan untuk genangang air di Desa Palece dan Lembang Lembang penyebab utamanya adalah aliran sungai mati atau Lembang Samasundu, Lembang Kambajawa dan Lembang Tanang meluap. Sehingga terjadi genangang pada areal kebun, rumah penduduk dan fasilitas umum termasuk sekolah dan kantor.

“Saat ini kami bersama kepala desa berusaha maksimal agar dampak bencana banjir dan longsor bisa diminimalkan. Kami juga sudah melaporkan secara lisan kepada BPBD dan PUPR Polman,” tandasnya.

Salah seorang warga Nawir mengaku akses jalan ke Todang Todang sementara tidak bisa dilalui kendaraan karena banyak material longsor yang berserakan di jalan. Ia berharap agar pemerintah segera membersihkan material longsor sehingga jalan dapat dilalui. (mkb)

  • Bagikan