DLH Pemprov Koordinasi Pemkab Mamuju Bereskan Tumpukan Sampah Pasca Libur

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Pasca libur Idul Fitri, sampah menumpuk di beberapa titik di Kota Mamuju.

Karenanya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bersama DLH Pemkab Mamuju bergerak mengatasi permasalahan tersebut.

Kepala DLH Sulbar, Zulkifli Manggazali mengatakan, koordinasi yang dilakukan dengan Pemkab Mamuju sebagai respon atas kondisi lingkungan di beberapa titik, seperti di Pintu Gerbang Selamat Datang di Kota Mamuju Jalan Poros Majene – Mamuju dan Pasar Baru Mamuju Jl. Abdul Syakur.

Pembersihan dilakukan pada Sabtu 13 April 2024. Dari hasil pengangkatan sampah yang ada di lokasi tersebut, terkumpul sekitar 11,76 ton sampah.

“Khusus di Pasar Baru dimana satu mobil enam meter kubik sampah, sementara ada empat armada yang digunakan. Sehingga total ada 24 meter kubik sampah khusus di Pasar Baru,” ungkap Zulkifli, Selasa 16 April 2024.

Pembersihan dilanjutkan Selasa 16 April 2024 di bahu jalan Pintu Gerbang Selamat Datang di Kota Mamuju.

Kepala DLH Sulbar menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menerapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

“Sampah yang tidak dikelola dengan baik memberikan kontribusi besar bagi rusaknya lingkungan hidup, dimana lingkungan menjadi kotor, mengakibatkan timbunan sampah yang dikemudian hari dapat menjadi sumber bibit penyakit dan menyebabkan pencemaran lingkungan,” ujarnya.

Selain itu, permasalahan sampah bukan hanya permasalahan adanya material sisa yang tidak digunakan lagi dan tidak bernilai. Permasalahan sampah merupakan permasalahan lingkungan yang dapat merusak ekosistem apabila tidak mendapat perhatian serius dari berbagai pihak.

“Untuk itu, perlu dilakukan pengelolaan sampah agar tidak mencemari lingkungan,”tutup Zulkifli.(*)

  • Bagikan