Kesbangpol Sulbar Dorong Kabupaten Persiapkan Putra-Putri Terbaik Jadi Paskibraka

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Dalam kunjungan kerja tersebut ke pemerintah Provinsi dalam rangka membahas pelaksanaan seleksi calon anggota Paskibraka Kabupaten Majene tahun 2024 di Kantor Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat, Kamis 4 April 2024.

Kunjungan kerja ini, Tim dari Pemerintah Kabupaten Majene dipimpin oleh Bapak H. Mustamin Asisten Bidang Pemerintahan, bersama dengan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Majene dan jajarannya.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk berkoordinasi, bertukar informasi, dan menyampaikan progres pelaksanaan seleksi calon anggota Paskibraka Tahun 2024.

Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Majene H Mustamin menyampaikan bahwa pelaksanaan tahapan seleksi calon Paskibraka Kabupaten Majene Tahun 2024 sementara berjalan.

“Ini sudah dilaksanakan dengan baik diawali dengan seleksi Wasbang dan TIU dan diakhiri dengan Seleksi Kepribadian,” kata Mustamin.

H. Mustamin menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Majene untuk mendukung dan memfasilitasi proses seleksi calon anggota Paskibraka dengan transparan, adil, dan berbasis pada kriteria yang jelas.

“Kita harap agar Pemerintah Provinsi dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang diperlukan dalam menyukseskan proses seleksi tersebut,” harapnya.

Ditempat yang sama Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Majene Irwansyah Burhanuddin, S.STP menyampaikan bahwa proses seleksi yang telah ditetapkan secara nasional yang meliputi seleksi kesehatan, parade, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, kemudian tes PBB, hingga kesamaptaan.

“Kalau seleksi akhir yaitu seleksi kepribadian bisa lolos menjadi anggota paskibraka yang nantinya benar-benar memiliki kemampuan intelektual serta wawasan kebangsaan yang bagus,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa dalam Proses Seleksi Calon Paskibraka telah merekrut sebanyak 89 peserta yang lolos terdiri 42 Putra dan 47 Putri.

Sementara itu Plt. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat H. Muhammad Yusuf Tahir mengapresiasi kerjasama yang erat antara Kabupaten dan Provinsi dalam hal pembinaan dan pengembangan generasi muda.

“Termasuk dalam kesiapan mereka untuk menjadi anggota Paskibraka yang memegang peranan penting dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Plt. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat berharap Pemerintah Kabupaten dapat mengirimkan putra putri terbaik Calon Paskibraka ke tingkat Provinsi hasil seleksi Masing-masing Kabupaten.

Muhammad Yusuf menekankan pentingnya partisipasi aktif dari setiap Kabupaten dalam proses seleksi calon anggota Paskibraka tingkat Provinsi.

“Kita berharap agar setiap Kabupaten dapat menyelenggarakan seleksi secara cermat dan transparan untuk menghasilkan putra-putri terbaik yang dapat mewakili Provinsi Sulawesi Barat dengan kebanggaan di tingkat nasional,” paparnya.

Bapak Muhammad Yusuf mengakhiri pesannya dengan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten se-Provinsi Sulawesi Barat atas peran serta dan kerjasama yang telah terjalin dalam mempersiapkan putra-putri terbaik untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat Provinsi.(*)

  • Bagikan