Disbun Sulbar Dukung Pengembangan Budidaya Aren

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Salah satu tanaman yang memiliki potensi nilai jual di Sulbar adalah Aren. Karenanya Dinas Perkebunan Sulbar siap mendukung pengembangan budidaya Aren di Sulbar.

Kepala Dinas Perkebunan Sulbar, Herdin Ismail mengatakan, pekan lalu telah melakukan dialog langsung dengan petani Aren.

“Kita perlu mendukung budidaya Aren agar dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang berkesinambungan bagi masyarakat setempat untuk menciptakan warisan terbaik,” ungkapnya, Jumat 29 Maret 2024.

Sementara itu, petani Aren, Husni menyampaikan, Aren juga dapat sebagai tanaman pelindung pada komoditi Kakao karena tanaman aren kondisinya lebih lembab di banding tanaman yang lainnya. Keunggulan lainnya, dapat berproduksi setiap hari.

“Hal ini dilihat dari usia tanam, ada yang sampai sekitar 5 tahun kategori pohon pendek dengan masa produksi selama 2 tahun, juga sekitar 7-8 tahun kategori sedang dengan masa produksi hingga 5-7 tahun dan juga 10 tahun kategori tinggi masa produksi 9 tahun. Keuntungan ekonomi yang di hasilkan per-pohonnya minimal Rp. 20.000; dengan menjual gula melalui proses penguapan dan pemanasan, ” kata Husni. (jaf)

  • Bagikan