Perbaikan Belum Rampung, Pemprov Sulbar Tunda Pengoperasian Gedung Kantor Gubernur

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Proses Rehabilitasi dan Rekonstruksi Kantor Gubernur Sulbar tak sesuai target. Hingga sekarang ini Pemprov Sulbar belum dapat memastikan kapan gedung yang terdampak Gempa Bumi 6,2 magnitudo itu bisa difungsikan.

Pengoperasian Kantor Gubernur awalnya direncanakan Oktober 2023, menjadi persembahan untuk HUT Sulbar saat itu, hanya saja progresnya belum siap. Lanjut kontraktor kembali ditarget agar dapat menyelesaikan pekerjaan Februari 2024, lagi-lagi mendapatkan kendala.

Hasil peninjauan yang dilakukan Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, masih terdapat beberapa bagian perlu perbaikan. Jelasnya untuk mobiler, Pemprov sendiri sudah menyuntik anggaran sebesar Rp9 Miliar.

“Semoga ini bisa dimaksimalkan segera. Untuk pastinya kapan, nanti kita akan diskusikan selanjutnya, jika catatan perbaikan dari vendor sudah terpenuhi,” kata Idris saat meninjau finalisasi Rehab-Rekon Kantor Gubernur bersama Asisten III Pemprov Sulbar Amujib, Selasa 27 Februari 2024.

Peninjauan finalisasi tersebut dilakukan untuk mengetahui bagian mana lagi yang harus dibenahi sesuai dengan standar yang ada.

Dalam peninjauannya, Idris juga melakukan pengecekan kesiapan penggunaan konsep green building. Diketahui bahwa tujuan utama dari konsep green building atau bangunan hijau ini adalah konsep bangunan yang aspek konstruksi, desain dan operasinya berbasis lingkungan dan alam, yang terfokus pada pemanfaatan sumber daya alam yang ada.

“Karena ini akan menjadi model percontohan, jadi kita harus lebih mengedepankan aspek keamanan tentunya. Dan kawan-kawan yang akan bekerja nantinya harus tahu standar keberfungsian dari berbagai konsep pembangunan fasilitas kantor kita ini,” pungkas Idris. (jaf)

  • Bagikan