Cegah TPPO, Imigrasi Perketat Pemeriksaan di Pelabuhan Tanjung Silopo

  • Bagikan

POLEWALI, RADAR SULBAR — Sebanyak 91 orang penumpang kapal KM. Cattleya Express telah selesai dilakukan pemeriksaan keimigrasian oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar, di Pelabuhan Tanjung Silopo, Polewali Mandar, Sabtu 17 Februari 2024.

Penumpang kapal terdiri dari 88 orang Warga Negara Indonesia dan 3 orang Warga Negara Asing. Kapal tersebut juga membawa 35 (tiga puluh lima) orang kru yang semuanya berkebangsaan Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Polewali Mandar Adithia P. Barus mengatakan, Kapal KM. Cattleya Express sendiri dijadwalkan akan melayani rute Silopo – Lahad Datu Malaysia sebulan sekali.

Pada pemeriksaan keberangkatan kapal yang ketiga kalinya ini, Imigrasi Polewali Mandar fokus terhadap pencegahan beberapa tindak kejahatan transnasional yang rawan terjadi, seperti Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)/Tindak Pidana Perdagangan Manusia (TPPM).

“Petugas kami memperketat pemeriksaan dan pengawasan kepada setiap orang yang keluar masuk wilayah Indonesia,” ujar Adithia.

Adithia menambahkan bahwa hal tersebut untuk memastikan agar tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang menjadi korban tindak kejahatan lintas Negara.

“Kami cek betul semua kelengkapan dokumennya, apa maksud dan tujuannya, untuk memberikan jaminan yang bersangkutan aman begitu tiba di Negara tujuan.” tambahnya. (*)

  • Bagikan