CEK Tagihan PKB-BBNKB Secara Online, Pemprov Sulbar Hadirkan Aplikasi SIMOTO

  • Bagikan
Pelayanan Samsat Keliling --foto JPNN--

MAMUJU, RADAR SULBAR –Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Pemprov Sulbar melakukan pengembangan dan e-engineering aplikasi yang disebut SIMOTO untuk mengoptimalkan sistem penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraaan Bermotor (BBNKB).

Kepala BPKPD Sulbar Masriadi Nadi Atjo menjelaskan, Aplikasi SIMOTO merupakan aplikasi berbasis Web, yang dapat di akses melalui berbagai perangkat mobile, dekstop dan tablet, dapat dijalankan di berbagai Operasi Sistem (OS) seperti windows, Linux dan Mac dll serta dapat diakses kapan dan dimanapun asalkan terhubung dengan jaringan internet. Aplikasi ini termonitor dari 6 Samsat Se Sulawesi Barat.

“Selain untuk memonitor seluruh penerimaan secara real time dari 6 (enam)  UPTD PPRD se-Sulbar, Aplikasi SIMOTO juga dapat memberikan infomasi kepada masyarakat atau wajib pajak mengenai informasi jumlah pajak kerndaraan, jatuh tempo dan infomasi lainnya yang dibutuhkan, yang dapat diakses kapan dan dimana saja”

Tuntutan teknologi yang semakin berkembang, mengharuskan Pemerintah dalam pelayanan bergerak secara digital. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam mencari informasi tentang pajak kendaraan yang di kelola oleh BPKPD Prov Sulbar dan meluncurkan Website BPKPD Prov Sulbar versi yang baru dimana melalui Website ini bisa mengakses pengecekan informasi tentang pajak kendaraan dan informasi layanan samsat terdekat dari lokasi anda.

Pelayanan bukan hanya dalam bentuk pembayaran pajak kendaraan, tetapi juga pelayanan dalam memberi informasi yang cepat dan akurat. Didalam website BPKPD Prov Sulbar ini tidak hanya melihat informasi seluruh kegiatan BPKPD tetapi juga informasi pajak kendaraan dan informasi layanan samsat terdekat dari lokasi anda.

Kepala BPKPD Prov Sulbar, Masriadi Nadi Atjo mengungkapkan “Masyarakat dapat dengan mudah melakukan pengecekan nomor kendaraan secara online. Ini bisa dilakukan tanpa harus repot untuk ke samsat, asalkan terhubung dengan jaringan internet, bisa di akses melalui laman website : web.bpkpd.sulbarprov.go.id” kata Masriadi Sabtu 10 Februari 2024.

Kepala Bidang Perencanaan Pendapatan dan Teknologi Informasi, Faika Kadriana Ishak menambahkan, aplikasi SIMOTO merupakan hasil kolbaorasi dari inovasi tim IT dan Konsultas IT Samsat se Sulbar.

“Ini bentuk sinegi dalam mendukung Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah yang ada di Provinsi Sulawesi Barat.,” ujar Faika. (jaf)

  • Bagikan