CFD Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Disnaker Sulbar Ajak Perusahaan Miliki SK Layak K3

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemprov Sulbar sukses menjalankan Car Free Day dalam rangka Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Jalan Arteri Kabupaten Mamuju, Minggu 4 Februari 2024.

CFD Bulan K3 tersebut dilaksanakan Disnaker dengan bekerjasama sejumlah perusahaan di Sulbar. Hal itu sebagai bentuk kepedulian bersama untuk mensosialisasikan K3 di provinsi ke 33 ini.

Sejumlah kegiatan memeriahkan acara tersebut, mulai donor darah, senam bersama, pemeriksaan kesehatan, bahkan terdapat pembagian 1.000 voucher belanja bagi setiap peserta yang memeriahkan CFD, termasuk berhak memenangkan undian doorprize.

Karenanya, Pj. Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi kegiatan bulan K3, sebab turut mendorong pertumbuhan UMKM yang hadir meramaikan CFD.

“Ini menghidupkan UMKM di Mamuju,” kata Zudan

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemprov Sulbar Andi Farid Amri mengatakan, Bulan K3 dimulai 12 Januari Hingga 12 Februari 2024, menjadi momen untuk mengajak masyarakat, utamanya perusahaan-perusahaan yang ada di Sulbar agar bersama sama peduli K3.

Dijelaskan, pentingnya Layak K3 sebagai bentuk perlindungan kepada pekerja di Indonesia, untuk itu ia juga mengajak perusahaan agar memiliki SK Layak K3, dengan begitu dapat meningkatkan kepercayaan dari karyawan, pelanggan, dan pihak-pihak terkait.

“Ini menguatkan bahwa perusahaan memenuhi standar keselamatan dan kesehatan kerja yang diatur oleh undang-undang,” kata Farid.

Disebutkan pada 2023, pihaknya telah menerbitkan 1.060 SK Layak K3, pada 76 Perusahaan. Diharapkan perusahaan yang ada di Sulbar bekerjasama untuk memenuhi standar keselamatan dan kesehatan kerja. Jika perusahaan belum memenuhi standar keselamatan dan kesehatan kerja, maka perusahaan harus segera melakukan perbaikan dan memenuhi persyaratan tersebut. Caranya dapat mengajukan Surat Keterangan Layak K3 ke Disnaker Sulbar. (jaf)

  • Bagikan