Pemprov Sulbar Gandeng Perbankan Hadirkan Rumah Subsidi Untuk ASN

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Pemerintah provinsi Sulbar bakal bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) menghadirkan rumah subsidi untuk ASN di Sulbar.

Hal itu dibahas pada pertemuan antara Pj Guebernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh dengan Branch Manager Kantor Cabang Mamuju PT. BTN Abdul Syakur di Rumah Jabatan Gubernur Sulbar, Jl. Abdul Malik Pattana Endeng, Kabupaten Mamuju, Sabtu, 20 Januari 2024.

Zudan mengataka, kerjasama tersebut akan dikemas dengan program Sejuta Rumah. Program ini juga telah dilakukan KORPRI pusat. Dalam hal ini pemerintah menyiapkan lahan sedang PT.BTN menyiapkan pembiayaan.

“Saya segera implementasikan di Sulbar untuk para ASN muda yang belum memiliki rumah. Kita sempat bahas beberapa bulan lalu, ini tinggal kita tindaklanjuti agar tahun ini bisa beroperasi.Kita berharap semua ASN di Sulbar punya rumah sendiri. Jadi bukan hanya ASN Pemprov,” kata Ketua Umum KORPRI ini.

Branch Manager Kantor Cabang Mamuju PT. Bank Tabungan Negara (BTN), Abdul Syakur mengungkapkan ini pertemuan lanjutan yang sebelumnya.

“Kita sampaikan adanya program PT BTN sejuta rumah bagi ASN dan masyarakat non ASN. Jadi inshaAllah hasil diskusi khusus ASN Pj Gubernur akan siapkan lahan persiapan untuk percepatan program sejuta rumah, karena ada fasilitas dari pemerintah daerah,” ujarnya.

Selain itu, pembangunan tahap pertama rumah subsidi bagi ASN akan dibangun berdasarkan kebutuhan.

“Jadi kami berapapun siap, karena kami punya anggaran tahun ini sebesar Rp 135 miliar untuk disalurkan masyarakat yang belum memliki rumah melalui subsidi,” bebernya.

Sehingga, tergantung lahan yang disediakan pemerintah. Bahkan ada juga disiapkan bagi ASN yang maur renovasi rumah dan ini bersubsidi.

“Kita harap ini segera realisasi, karena manfaatnya ada tumbuh perekonomian baru artinya timbul unit usaha baru, mulai tahap persiapan pembangunan, tahap pembangun, dan setelah pembangunan,” tandasnya.(jaf)

  • Bagikan