DPRD Sulbar Harap BBIP Poniang Kembangkan Pembenihan, Pemasaran dan Pembesaran Udang Vaname

  • Bagikan

MAJENE, RADAR SULBAR –Komisi II DPRD Sulbar melakukan kunjungan kerja ke Balai Benih Ikan Poniang di Kabupaten Majene,diterima Oleh Kepala UPTD Balal Benih Ikan Pantai Poniang Sendana Irwan Latif Sabtu 13 Januari 2024.

Ketua Komisi II DPRD Sulbar Sudirman mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka Monitoring dan Evaluasi kegiatan APBD Tahun Anggaran 2023.

Diketahui, pada 2023 dilakukan Pembangunan Rehabilitasi sarana dan Prasarana Biosecurit UPTD Balai Benih Poniang. Proyek yang menggunakan Pagu sebesar Rp. 203.000.000 telah tuntas, namun yang perlu menjadi perhatian kedepan adalah mendorong agar BBIP Poniang dapat lebih meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Dari hasil monev yang dilakukan, Terget pendapatan yang diberikan BBIP Poniang hanya Rp1,5 Miliar. Karenanya ia berharap kedepan BBIP Poniang mampu melihat potensi pengembangan BBIP agar dapat meningkatkan pendapatan.

Menurutnya beberapa potensi di BBIP Poniang yang perlu dibenahi kedepan adalah pembenihan dan pemasaran.

“TIdak ada dukungan anggaran untuk Pembenihan untuk Produksi Benih ini yang akan menjadi Kendala sehingga PAD tidak mencapai Target. Kendala lain, kurangnya permintaan di Sulawesi Barat sehingga persoalan pemasaran perlu menjadi perhatian kedepan,” kata Sudirman.

Potensi lainnya adalah BBIP dapat melakukan pembesaran udang vaname. Ketiga permasalahan tersebut menurutnya dapat diatasi dengan melibatkan pihak ketiga bekerjasama melakukan Pengembangan Budidaya Benih Ikan Pantai maupun Pembesaran Udang Vaname. (jaf)

  • Bagikan