Cara Unik Sutinah Terapkan Program, Dapat Sehatnya Dapat Juga Manfaatnya

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR – Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi memiliki cara unik dalam mengkoneksikan kebijakan.

Bupati perempuan pertama di Sulawesi barat ini terlihat memanfaatkan kegiatan rutin ASN sebagai momentum untuk mengintegrasikan berbagai kegiatan lain yang dapat saling terkoneksi.

Salah satunya lewat kegiatan olahraga yang biasa dilakukan pada hari Jumat pagi, semua ASN pemkab Mamuju langsung diajak Bupati untuk beramai-ramai jalan kaki ke Pasar Sentral (Pasar Lama) usai senam kesegaran jasmani, Jumat 12 Januari 2024.

Meski terbilang cukup jauh dari kantor Bupati, cara ini dinilai cukup efektif untuk mengolahragakan para ASN yang sebagian sangat jarang berolahraga akibat kesibukan masing-masing.

Disisi lain, kunjungan mereka ke pasar menjadi wahana untuk mempertemukan penjual dan pembeli (ASN) sehingga perputaran ekonomi masyarakat dapat saling bersubsidi silang.

Salah satu ASN yang merasakan manfaat atas kunjungan dan arahan Bupati untuk berbelanja ke pasar pada minggu pertama setiap bulannya adalah Murniani, Kadis Dikpora Kabupaten Mamuju ini merasa bersyukur telah diberi waktu khusus untuk berbelanja kepasar, sehingga ia dapat membeli bahan kebutuhan harian yang memang selama ini cukup sulit ia lakukan akibat kesibukan di kantor.

Sebaliknya, pedagang ikan, Samsul, mengaku senang atas kedatangan para pegawai untuk berbelanja, sehingga pasar dapat lebih ramai pembeli. Selain itu kehadiran pimpinan daerah juga ia manfaatkan untuk menyampaikan “curhatan” terhadap kondisi pasar yang dinilainya perlu lebih diperhatikan.

“Di sini becek sekali kasian, tenda-tendanya juga sudah mulai rubuh, dan ada juga pedagang yang tidak berjualan di dalam pasar sehingga kurang pembeli masuk. Ini mungkin perlu diperhatikan,” harap Samsul.

Mendengarkan berbagai keluhan dan harapan masyarakat, Bupati Sutinah Suhardi, meminta perangkat daerah terkait untuk segera membuat perencanaan program. Sehingga pembenahan pasar tradisional dapat dilakukan.

“Di sini kita sudah mendengarkan banyak masukan dari masyarakat, terutama pada salah satu area pedagang ikan, kita akan segera programkan agar tempat berjualan mereka dapat diperbaiki sehingga dapat menampung semua pedagang, sehingga nantinya tidak ada lagi yang berjualan di luar atau di jalan,” tandas Bupati. (*)

  • Bagikan