Lima Komisioner Polman Dilantik, Nurjannah Waris Ketua KPU Polman

  • Bagikan
DILANTIK. Lima komisioner KPU Polman periode 2024-2029 foto bersama dengan Ketua KPU Sulbar, Said Usman Umar dan Sekretaris KPU Polman Baharuddin usai pelantikan di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa 9 Januari 2024.

POLEWALI, RADAR SULBAR — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari melantik dan mengambil sumpah lima komisioner KPU Polewali Mandar periode 2024-2029 di Gedung KPU, Jakarta Selasa 9 Januari 2024

Lima komisioner yang dilantik yakni Andi Rannu, Munawir Arifin, Nurjanah Waris, Rudianto dan Heri Dahnur Syam. Dari lima orang tersebut hanya satu orang pendatang baru yakni Heri Dahnur Syam dan empat orang komisioner lain merupakan incumbent. Mereka dilantik bersamaan dengan 95 lima anggota KPU kota kabupaten dari 20 kota kabupaten di lima Provinsi untuk masa bakti 2024-2029.

Usai pelantikan, kelima komisioner KPU Polman ini langsung mengelar pleno untuk menentukan posisi ketua KPU dan kordinator divisi masing-masing. Secara aklamasi, Nurjannah Waris terpilih menjadi Ketua KPU Polman periode 2024-2029. Keeempat komisoner lainnya sepakat memilih Nurjannah Waris menjadi ketua sekaligus menjadi koordinator divisi keuangan, umum, logistik dan rumah tangga. Kemudian Rudianto yang merupakan mantan ketua KPU periode 2019-2024 menjadi koodinator divisi teknis penyelenggaraan pemilu. Kemudian Andi Rannu menjadi koodinator divisi sosialisiasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM. Kemudian Munawir Arifin menjadi koordinator divisi perencanaan, data dan informasi serta Heri Dahnur Syam koordinator divisi hukum dan pengawasan.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari berharap komisioner KPU kabupaten kota yang dilantik bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab, berintegritas dan profesional. Apalagi sisa 34 hari lagi pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga segera melakukan penyesuaian dengan ritme kerja yang sedang berjalan demi kesuksesan penyelenggaraan pesta demokarasi ini.

Ketua KPU Polman Nurjannah Waris saat dihubungi saat pleno dirinya ditunjuk secara aklamasi diberi amanah untuk menjadi Ketua KPU Polman. Ia mengaku usai pelantikan akan langsung bekerja bersama para komisioner akan segera melaksanakan tahapan pemilihan umum utamanya pengelolaan logistik, serta penguatan persiapan pemungutan dan perhitungan suara.

“Kami berharap kekompakan menjalankan tugas merupakan ujung tombak kesuksesan kinerja KPU Polman dalam menyelenggarakan pemilu 2024,” jelasnya.

Setelah ditunjuk jadi Ketua KPU Polman, Nurjannah mengaku akan berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk Pj Bupati Polman untuk meminta dukungan dalam kesuksesan Pemilu 2024. Selain pengelolaan dan pendistribusian logistik, kedepan ini juga menjalankan tahapan pemilu dibantu teman komisioner divisi lainnya. Utamanya dalam waktu dekat ini pembentukan dan pelantikan KPPS.

“Tanggal 25 Januari dilakukan pelantikan KPPS oleh masing masing PPS atas nama KPU. Kemudian 26 Januari dilakukan bimtek terhadap KPPS oleh PPS dibantu PPK,” tambahnya.

Ia meminta dukungan dan doa semua elemen masyarakat termasuk media dalam menjalankan amanah sebagai pimpinan KPU Polman dan kesuksesan Pemilu 2024 dan Pilkada 2024.

Sementara Anggota KPU Polman Andi Rannu mengaku bersyukur karena diberikan kepercayaan untuk masa jabatan lima tahun kedepan sebagai komisioner KPU Polman periode kedua 2024-2029.

“Alhamdulillah, kami masih terpilih untuk menduduki kembali posisi sebagai salah seorang komisioner KPU Polman untuk periode 2024-2029. Atau dengan kata lain ini periode kedua ini,” ujar Andi Rannu saat ditemui disela pelipatan surat suara di Stadion HS Mengga Polewali, Senin 8 Januari.

Ia mengaku amanah yang dipercayakan kepadanya harus laksanakan dengan sebaik mungkin dan penuh tanggungjawab.

“Terima kasih pula buat pimpinan kami di KPU RI yang masih mempercayakan kepada kami menjadi salah seorang anggota KPU Polman. Tentu ini amanah, tugas dan tanggungjawab yang harus kami jalankan dengan sebaik mungkin, terutama dalam rangka kesuksesan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 yang kini sudah di depan mata. Mohon doa agar kami dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Komisioner KPU Polman, Rudianto saat dihubungi mengaku juga bersyukur diberi kepercayaan kembali untuk menjadi komisioner periode kedua ini.

“Ya Alhamdulillah, KPU masih mengamanahkan kepada saya bersama dengan teman yang lain untuk kembali mengemban tugas sebagai komisioner KPU Polman periode 2024-2029. Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih banyak atas dukungan dan kepercayaan seluruh pihak kepada kami di periode sebelumnya,” terang Rudianto.

Ia berharap dukungan serta sinergitas seluruh pihak di periode kedua ini, apalagi di tengah tahapan Pemilu 2024 dan sebentar lagi akan menyelenggarakan Pilkada serentak 2024. (mkb/jaf)

  • Bagikan