Sinergi Pusat dan Daerah Dorong Investasi di Kawasan Transmigrasi Provinsi Sulbar

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR– Dalam rangka mengoptimalkan koordinasi dan integrasi untuk investasi dan kemitraan kawasan transmigrasi, kawasan pedesaan dan kawasan ekonomi baru, Dinas Transmigrasi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Temu Teknis Konsultasi Kemitraan Investasi Tahun Anggaran 2023 di Ballroom Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju, Senin 4 Desember 2023 malam.

Pertemuan itu sekaligus menyusun kembali rencana kerjasama dana sharing APBD antar provinsi, antar kabupaten dan dana Bumdes daerah asal ke daerah Sulbar untuk Sulbar ramah investasi.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris menekankan perlunya dukungan stakeholder secara lintas sektor dan lintas pelaku dalam revitalisasi kawasan transmigrasi, kawasan pedesaan, kawasan ekonomi baru, baik di internal KemendesPDTT, lintas kementerian/ lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan pihak lainnya.

“Ini sebagai bagian dari upaya pencapaian target RPJMN 2020-2024 bidang revitalisasi kawasan transmigrasi,” kata Idris

Disampaikan, penyusunan rencana revitalisasi kawasan transmigrasi secara lintas sektor dan lintas pelaku dengan mengacu pada hasil evaluasi tingkat perkembangan kawasan transmigrasi, diperlukan sebagai alat untuk pelaksanaan koordinasi dan integrasi penyelenggaraan transmigrasi secara lintas sektor dan lintas pelaku.

Selain itu, penguatan kelembagaan dalam penyelenggaraan transmigrasi/desa lintas sektor dan lintas pelaku, juga diperlukan untuk mempercepat integrasi pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi.

Kepala Dinas Transmigrasi Sulbar Ibrahim mengatakan, melalui kegiatan itu diharapkan terwujudnya komitmen pemangku kepentingan dalam perencanaan dan pemanfaatan hasil perencanaan kawasan melalui peran Pentahelix berbasis kemitraan dengan pemerintah daerah, akademisi, media, masyarakat dan investor serta perbankan di kawasan transmigrasi/kawasan pedesaan;

“Juga diharapkan mendorong pemerintah desa dan Bumdes kawasan transmigrasi (221 Desa) Sulbar menjadi wilayah investasi dengan kemitraan berbasis PDRB,” ujar Ibrahim

Adapun agenda acara Temu Teknis Konsultasi Kemitraan Investasi TA.2023 yaitu Lokakarya, Pameran UMKM dan Bumdes, serta Coaching Clinic Bumdes Pengembangan Lini Bisnis Kerjasama Perbankan dan Tenaga Ahli. Kegiatan itu akan berlangsung hingga 6 Desember 2023. (jaf)

  • Bagikan