Presiden Jokowi Serahkan 2,5 Juta Sertifikat Tanah Melalui Program PTSL

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Presiden RI Joko Widodo menyerahan Sertifikat Tanah dan meluncurkan Sertifikat Tanah Elektronik. Penyerahan juga di ikuti oleh Pemda di masing-masing daerah, termasuk Pemprov Sulbar.

Untuk Sulbar, Sekprov Sulbar Muhammad Idris bersama forkopimda menerima sertifikat sebanyak 6.972 untuk enam kabupaten di Sulbar, penyerahan oleh presiden kepada Pemda dilaksanakan secara virtual di Graha Sandeq Kompleks Perkantoran Gubernur Sulbar, Selasa 5 Desember 2023.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris berharap penerima sertifikat dapat memanfaatkan serfitikat tersebut. Dan menorong agar lahan yang disertifikatkan berupa lahan perkebunan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Usahakan secara aktif terutama untuk tanah-tanah pertanian baik itu sawah, kebun ataupun empang, jangan sampai menjadi tanah kosong saja yang hanya ditumbuhi semak belukar dan tidak berfungsi apa-apa,” imbau Idris saat menyampaikan sambutannya

Selain itu, juga berpesan menjaga dengan baik batas-batas bidang tanahnya untuk menghindari sengketa ataupun hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

“Ini semua diharapkan karena sertipikat sebagai bukti kepemilikan yang bapak dan ibu terima dapat dijadikan jaminan modal untuk menunjang kegiatan perekonomian masyarakat, sehingga dapat memberi sumbangsi yang besar bagi peningkatan kesejahteraan,” ucapnya.

Melalui kesempatan itu, Sekprov Sulbar menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas kinerja jajaran Kanwil BPN Sulbar yang telah bekerja keras dalam menuntaskan sertipikasi tanah di provinsi ke-33 ini.

“Pemprov Sulbar siap mendukung dan turut serta dalam menyukseskan program-program pertanahan di Sulbar,” tutupnya (jaf).

  • Bagikan