Ketua DPRD Terima Audiensi CPMU, Bahas Penguatan Aparatur Desa

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi menyambut kehadiran Sekretariat Central Project Management Unit (CPMU) Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri di Sulbar dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia, khususnya terhadap aparatur desa.

“Saya mengapresiasi audiensi dari sekretariat CPMU P3PD Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini melakukan monitoring dan evaluasi terkait Program Pelatihan Aparatur Desa yang merupakan Program Nasional.” ucap Suraidah saat menerima audiensi CPMU di Ruang Kerjanya, Senin 13 November 2023.

Menurutnya program P3PD ini sangat penting sebab dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Kepala desa itu sendiri.
“Karena kita lihat memang yang menjadi Masalah di desa adalah minimnya SDM dari kepala desa yang dimana masih banyak kepala-kepala desa melakukan kesalahan dalam membuat program bahkan ada yang berurusan dengan masalah hukum, sehingga penting sekali untuk memberikan pembekalan bagi Kepala desa.” ucap Suraidah.

Adapun terkait Program Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa, Ketua DPRD Sulbar memberikan saran serta masukan agar Pelatihan ini tidak hanya bagi Kepala Desa tetapi para staf atau aparatur desa juga.

“Terkait P3PD harus ada evaluasi mengenai pelatihan ini, sebaiknya staf atau perangkat desa dilibatkan untuk mengikuti pelatihan karena yang menyusun program serta laporan keuangan penggunaan anggaran desa adalah staf atau aparatur desa. Adapun untuk Kepala desa cukup pada pelatihan leadership dan pendampingan hukum. “kata Suraidah

Sebelumnya melalui Tenaga Ahli P3PD, Martin Moehede menyampaikan maksud dan tujuan audiensi ini yaitu memonitoring dan evaluasi dari Program Pelatihan Aparatur Desa yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

“Kita dari Kementerian Dalam Negeri khususnya Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa Mengunjungi Beberapa wilayah yang telah mendapatkan program Pelatihan Aparatur Desa sekaligus memonitor dan evaluasi apa saja yang telah dilaksanakan di desa khususnya di Sulawesi Barat ini” ucap Martin. (jaf)

  • Bagikan