Aplikasikan Katalog Elektronik Lokal, LKPP Apresiasi PUPR Sulbar

  • Bagikan
Foto ist

MAMUJU, RADAR SULBAR — Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP) mengapresiasi inisiatif Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sulbar dalam menerapkan katalog elektronik lokal di lingkup Pemprov Sulbar.

Hal itu disampaikan Penelaah Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa, LKPP, Rani Esi Hapsari melaui Bimtek Katalog Elektronik Lokal, di di Aula Kantor DPUPR Sulbar, Selasa 14 November 2023,

“Sangat kelihatan inisiatifnya dan kemauan belajar peserta sangat tinggi. Banyak diskusi dan pertanyaan untuk mengetahui teknisnya. Semoga kedepannya bisa berjalan lancar di tahun 2024,” ujarnya.

Dalam penerapannya, kata dia, paket atau kegiatan yang biasa melalui proses tender dan penunjukan langsung bisa beralih ke sistem tersebut. Menurutnya, E-Katalog sangat mudah digunakan.

“Setiap produk yang ingin dibeli sudah terpajang di etalase sebagai fitur dalam E-Katalog. Tidak kalah penting semua tercatat di sistem. Semua orang bisa ikut mengawasi dan memantau jalannya proses pengadaan barang/jasa di pemerintahan,” ungkapnya.

Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi, DPUPR Sulbar, Andi Erlan Hatta Dai menuturkan, kegiatan itu merupakan tindak lanjut Surat Edaran (SE) Gubernur Sulawesi Barat Nomor 34 Tahun 2023, tentang Pemanfaatan Katalog Elektronik Lokal

.”Kami optimis dengan banyaknya pilihan dan fleksibilitas dalam membeli produk pemerintah dapat memilih dan menentukan pembelian produk sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi, informasi spesifikasi, harga dan merek telah dibuka dan dapat diakses oleh semua pihak,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Bimtek tersebut digelar selama tiga hari. Beberapa materi disampaikan sejak hari pertama hingga hari terakhir. Selain pemateri dari LKPP, pihaknya juga mengundang pemateri dari UKPBJ Sulsel, yang telah mendapat penghargaan kedua terbaik nasional.

“Ini akan menjadi ajang tukar informasi dan hal mendasar yang akan dilaksanakan PP/PPK dalam mengambil keputusan terhadap kegiatan 2024 nanti,” ujarnya.

Ia berkomitmen membuat proses belanja dan pengadaan pemerintah menjadi lebih akuntabel. Hal ini, kata dia, merupakan babak baru dunia konstruksi Sulbar.

“Setiap harga produk sudah termasuk pajak sehingga menjamin akuntabilitas serta menghemat pengeluaran rutin pemerintah,” tandasnya.

Sekadar diketahui, Katalog Elektronik Lokal menjadi platform dan alternatif proses pengadaan yang mudah bagi para pelaku pengadaan barang dan jasa pemerintah. Katalog Elektronik merupakan aplikasi belanja online yang dikembangkan LKPP.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam produk dari berbagai komoditas yang dibutuhkan pemerintah.Fitur ini memberikan efisiensi bagi para penyedia, karena penyedia tidak perlu datang langsung ke LKPP hanya untuk mencari informasi seputar informasi seputar katalog. Penyedia cukup mengakses alamat website katalog LKPP. (jaf)

  • Bagikan