BPKPD Sulbar Tampilkan Aplikasi SIMOTO pada Webinar Pekan Inovasi Seri I

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) menggelar Webinar Pekan Inovasi Seri 1 secara virtual pada pekan pertama November 2023. Kegiatan itu untuk menampilkan inovasi seluruh Pejabat Eselon III lingkup Pemprov Sulbar yang akan dilakukan setiap akhir pekan.

Hadir sebagai keynote speaker Pj. Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh sekaligus membuka kegiatan itu dan Sekprov Sulbar, Muhammad Idris. Webinar dipandu Widyaswara Ahli Madya BPSDM, Jumail, selaku Moderator.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sulbar Amujib bersama Kepala Bidang Perencanaan dan Teknologi Informasi BPKPD Sulbar, Faika Kadriana Ishak, turut hadir pada kegiatan itu melalui aplikasi zoom meeting.

Pada Webinar, BPKPD Sulbar menampilkan inovasi Aplikasi SIMOTO yang merupakan Aplikasi Real Time Pendapatan Upaya Percepatan Pencapaian Target Pendapatan Daerah.

Dalam pelaksanaan Webinar, bertindak sebagai Inovator, Kepala Bidang Perencanaan dan Teknologi Informasi, Faika Kadriana Ishak, dengan menampilkan Inovasi Aplikasi SIMOTO, yang merupakan aplikasi real-time penerimaan pendapatan pajak daerah yang berfokus pada penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) yang termonitor dari 6 (enam) Samsat se- Sulbar.

Aplikasi SIMOTO merupakan Aplikasi berbasis Web, yang dapat diakses kapan dan dimanapun, asalkan terhubung dengan jaringan internet serta dapat memberikan informasi kepada masyarakat atau wajib pajak mengenai informasi jumlah pajak kendaraan, jatuh tempo dan informasi lainnya yang dibutuhkan.

Adapun Manfaat Aplikasi tersebut, meningkatkan PAD dari sektor pajak dan mewujudkan tertib administrasi kepemilikan kendaraan.

Pj. Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi pelaksanaan Webinar pekan inovasi tersebut, dikarenakan sudah lama direncanakan baru pada kesempatan itu dapat terlaksana.

Prof. Zudan menekankan, Webinar tersebut harus mengonsep sistem dalam inovasi itu yakni internal dari Perangkat Daerah masing-masing didorong untuk membuat inovasi. Karenanya Ia berharap kegiatan itu bisa berlanjut untuk menapilkan inovasi seluruh pejabat eselon III lingkup Pemprov Sulbar yang akan dilakukan setiap akhir pekan.

“Hal ini sekaligus sebagai upaya dalam menjaring ide inovasi dan kreativitas dari berbagai pihak, menumbuh kembangkan dan memperkuat pembangunan daerah berbasis riset dan inovasi demi mewujudkan Sulbar yang Inovatif, berdaya saing dan mandiri,” ujarnya

Kepala BPKPD Sulbar, Amujib menyampaikan apresiasi terhadap Kepala Bidang Perencanaan Pendapatan dan Teknologi Informasi, Faika Kadriana Ishak yang sudah mengembangkan Aplikasi SIMOTO.

“Dengan adanya inoivasi ini kami sangat terbantu dalam banyak hal, yaitu hal pelayanan dan penagihan tunggakan, serta dalam hal data real time penerimaan pendapatan. Selain itu memudahkan dalam hal penentuan opsen PKB BBNKJB pada saat diberlakukannya Perda PDRD bagi Sulbar dan kabupaten lainnya,” ucap Amujib

Hal itu, lanjutnya, sekaligus sebagai upaya dalam menjaring ide inovasi dan kreativitas dari seluruh pihak di BPKPD khususnya, menumbuh kembangkan dan memperkuat pembangunan daerah berbasis riset dan inovasi demi mewujudkan Sulbar yang inovatif, berdaya saing dan mandiri. (jaf)

  • Bagikan