Pemprov Sulbar Galakkan Aksi Ayo Ke Posyandu di Polman

  • Bagikan

POLEWALI, RADAR SULBAR –Pemprov Sulbar terus menggalakkan gerakan Ayo ke Posyandu sebagai upaya akselerasi penanganan stunting di Sulbar.

Karenanya Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar melaksanakan Fasilitasi Kolaborasi Mitra Berbasis Aksi di Hotel Sinar Mas Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sabtu 14 Oktober 2023.

Tujuan utama kegiatan itu adalah menyamakan frekuensi kerjasama antara Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar dengan berbagai sektor yang ada di Kabupaten Polman dalam rangka memperkuat Gerakan Ayo ke Posyandu.

Fasilitasi Kolaborasi Mitra Berbasis Aksi dihadiri Asisten II Pemkab Polman yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan Polman, Sukirman Saleh, dan para pemangku kepentingan di Polman yang memiliki peran penting dalam penanganan stunting meliputi: Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Polres, Camat terpilih dari Anreapi, Polewali, Wonomulyo, Matakali, dan Campalagian, Tim Penggerak PKK, Satgas Stunting, Kepala Puskesmas, TPG Puskesmas terpilih dari Anreapi, Pekkabata, Massenga, Wonomulyo, Matakali, dan Campalagian, Lurah/Kepala Desa terpilih dari Duampanua, Takatidung, Pekkabata, Madatte, Manding, dan Darma, Bhabinkamtibmas terpilih dan Kader Posyandu terpilih.

Para peserta dalam forum tersebut, sepakat untuk melanjutkan kegiatan itu dengan rencana tindaklanjut bersama berupa evaluasi. Evaluasi akan dipimpin oleh Dinas Kesehatan Polman bekerjasama dengan lintas sektor, dengan fokus pada peningkatan cakupan penimbangan, yang akan dimulai dari Kecamatan Polewali.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, Asran Masdy berharap kolaborasi lintas sektor itu akan memperkuat upaya penanganan stunting dan menciptakan generasi yang lebih sehat di Sulbar.

Berdasarkan data hasil laporan Program Gizi melalui E-Pos Pemantauan Gizi Masyarakat (EPPGM) Per 30 September 2023, terlihat capaian yang telah dicapai di Provinsi Sulbar dan Kabupaten Polman, yaitu:

Capaian di Provinsi Sulbar:
Jumlah Sasaran Balita: 115.808
Jumlah Balita yang Ditimbang: 67.258
Persentase Balita yang Ditimbang: 58.08%

Capaian di Kabupaten Polman:
Jumlah Sasaran Balita: 34.818
Jumlah Balita yang Ditimbang: 21.390
Persentase Balita yang Ditimbang: 61.43%
Balita yang belum ditimbang: 13.428 (*)

  • Bagikan