Melalui Sibling, BPJS Kesehatan Pantau Layanan Kesehatan Puskesmas

  • Bagikan
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, St. Umrah Nurdin mengatakan bahwa SibLing dilakukan untuk mendapatkan umpan balik langsung dari peserta Program JKN selaku pihak yang menerima layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

MAMUJU, RADAR SULBAR – Sebagai upaya untuk menjamin peningkatan mutu layanan kesehatan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan melaksanakan kegiatan Supervisi, Buktikan dan Lihat Langsung (Sibling) ke Puskesmas Binanga bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju, Senin 25 September 2023.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, St. Umrah Nurdin mengatakan bahwa SibLing dilakukan untuk mendapatkan umpan balik langsung dari peserta Program JKN selaku pihak yang menerima layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

Ia berharap, nantinya umpan balik tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bersama dalam upaya merumuskan strategi perbaikan untuk peningkatan mutu layanan bersama antara BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan.

“Kami harus memastikan peserta JKN mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Apalagi hal ini merupakan fokus utama BPJS Kesehatan di Tahun 2023 dalam peningkatan mutu layanan terhadap peserta JKN di fasilitas kesehatan,” terang Umrah.

SibLing sendiri secara luar merupakan aktivitas yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk memantau langsung pemenuhan kewajiban-kewajiban pelayanan oleh fasilitas kesehatan.

Kegiatan Sibling juga menggandeng berbagai pihak, baik itu manajemen fasilitas kesehatan maupun para pemangku kepentingan di daerah agar dapat melihat sendiri bagaimana pelayanan yang didapatkan masyarakat.

Umrah berjanji, BPJS Kesehatan secara berkala akan melakukan kegiatan Sibling ke seluruh fasilitas kesehatan untuk menjamin pelayanan kepada peserta JKN sesuai regulasi. Hasil laporan Sibling akan disampaikan kepada pemangku kepentingan utama program JKN melalui forum-forum komunikasi rutin yang dilaksanakan setiap semester.

“Area yang menjadi pantauan dalam Sibling dimulai dari area pendaftaran, pelayanan rawat jalan atau poliklinik, area kebidanan, penunjang medis seperti laboratorium dan farmasi. Lalu juga di area pengaduan keluhan dan informasi di Puskesmas, keramahan petugas, kecepatan layanan, kebersihan ruangan dan sejenisnya juga menjadi pantauan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Umrah juga menanyakan secara langsung kepada peserta JKN yang melakukan pelayanan. Dari hasil wawancara terhadap peserta, transformasi mutu layanan Program JKN di Puskemas Binanga sudah dirasakan peserta mulai dari kemudahan, kecepatan dan keramahan layanan.

“Peserta JKN di Puskesmas Binanga telah menyampaikan bahwa pelayanan di Puskesmas Binanga sudah mudah, cepat, petugas ramah dan membuatnya puas terhadap layanan Program JKN,” ceritanya.

Umrah pun memberikan apresiasi terhadap pelayanan yang telah diberikan Puskesmas Binanga kepada peserta JKN. Karena dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, tidak menghalangi petugas medis ataupun manajemen puskesmas untuk memberikan pelayanan dengan mudah, cepat dan setara.

“Kami memberikan apresiasi terhadap manajemen Puskesmas Binanga bersama petugas medis, karena terus berkomitmen meningkatkan mutu layanan khususnya bagi peserta JKN, tentu semua ini kami harapkan juga bisa direalisasikan di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Mamuju,” ucapnya.

Kepala Puskesmas Binanga, Jasman yang menyambut dan mendampingi kegiatan Sibling menyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan transformasi mutu layanan dalam Program JKN. Walaupun peserta JKN di Puskesmas Binanga menurut Jasman cukup banyak, tapi dirinya yakin dapat memberikan pelayanan terbaik ke masing-masing peserta JKN yang datang ke Puskesmas.

“Akan kami perhatikan satu persatu peserta JKN yang melakukan pelayanan di Puskesmas Binanga. Karena bagaimanapun kepuasan peserta adalah yang utama,” ujarnya.

Salah satu upaya yang telah dilakukan Jasman bersama manajamen Puskesmas adalah dengan penambahan tenaga medis dan membuka dua loket pelayanan skrinning sebelum pengambilan nomor antrean.

“Kita akan meningkatkan mutu layanan dengan penambahan dokter dan penambahan loket antrean. Saat ini sudah ada tujuh dokter tambahan beserta dua loket tambahan yang bisa mempercepat pelayanan,” jelasnya.

Dalam memastikan pelayanan kesehatan yang dilakukan di Puskesmas Binanga berjalan dengan baik, Kepala Seksi Mutu Layanan Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju, Taufik Haq akan terus mendukung dan memfasilitasi peningkatan mutu layanan di Puskesmas Binanga.

“Mutu Layanan adalah hal utama di Puskesmas Binanga, sehingga Dinas Kesehatan akan sepenuhnya memberikan dukungan dalam rangka peningkatan Mutu Layanan,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan